RPP SD Matematika Model Pembelajaran Kooperatif TGT ( Teams Games Tournament)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Bidang Studi                                   :  Matematika

Kelas / Semester                             : V / 1

Jumlah Pertemuan                         : 1 Kali pertemuan

Standar Kompetensi                      :  Melakukan Operasi Bilangan Bulat.

Kompetensi Dasar                          :  Melakukan Operasi Hitung (Penjumlahan dan Pengurangan) Bilangan Bulat

Indikator                                         :  1. Siswa dapat melakukan operasi penjumlahan bilangan bulat.

  1. Siswa dapat melakukan operasi pengurangan bilangan bulat.
  2. Tujuan

         Melalui latihan dan permainan, siswa dapat melakukan operasi hitung (penjumlahan dan pengurangan) bilangan bulat.

  1. Materi Pelajaran

MATERI PELAJARAN

 

  1. Bilangan bulat negatif ialah bilangan bulat yang terletak di sebelah kiri angka 0 (nol).

Bilangan bulat negatif: -1, -2,-3, -4, -5, …

  1. Bilangan bulat positif ialah bilangan bulat yang terletak di sebelah kanan angka 0 (nol).

Bilangan bulat positif: 1, 2, 3, 4, 5, …

  1. Angka 0 (nol) termasuk bilangan bulat. Bilangan 0 (nol) tidak positif dan tidak negatif.

Bilangan 0 (nol) adalah bilangan netral.

  1. Pada garis bilangan, letak bilangan makin ke kanan makin besar dan makin ke kiri makin kecil.
  2. Bilangan bulat meliputi:

Bilangan bulat genap: … , -6, -4, -2, 0, 2, 4, 6, …

Bilangan bulat ganjil: … , -7, -5, -3, -1, 1, 3, 5, 7, …

Sifat penting dalam pengurangan

Mengurangi suatu bilangan sama dengan menjumlah bilangan itu dengan lawan bilangan pengurangnya.

12 – 7 = 12 + (-7)

-8 – 5 = -8 + (-5)

-10 – (-4) = -10 + 4

Kartu bilangan terdiri dari dua set kartu dengan berbentuk persegi panjang dengan ukuran 4 cm x 6 cm (atau ukuran lain yang penting kongruen) dengan warna yang berbeda, misalnya putih dan hitam, masing-masing set kartu misalnya terdiri dari lima kartu dan disusun secara berpasangan seperti terlihat pada gambar berikut.

 

 

 

 

 

 

Dalam penggunaan kartu bilangan dua warna ini dibutuhkan aturan tentang pendefinisian bilangan dan perlakuan terhadap operasi. Aturannya adalah sebagai berikut.

  1. Buat kesepakatan untuk menetapkan kartu positif (untuk bilangan bulat positif) dan kartu negatif (untuk bilangan bulat negatif). Misalnya tetapkan kartu putih sebagai kartu positif dan kartu hitam sebagai kartu negatif. Kartu-kartu tersebut diletakkan berbaris dalam dua susun dengan baris atas kartu putih dan baris bawah kartu hitam (atau sesuai dengan kesepakatan lainnya).
  2. Definiskan bilangan nol sebagai ”semua kartu berpasangan”, artinya banyaknya kartu putih sama dengan banyaknya kartu hitam. (Lihat gambar salah satu susunan

yang mendefinisikan bilangan 0).

 

 

 

 

 

 

  1. Definisikan suatu bilangan bulat positif sebagai ” banyaknya kartu putih yang tidak berpasangan” artinya jika ada dua kartu putih tidak berpasangan, maka ini menunjukkan bilangan positif dua (2).

 

 

 

 

 

  1. Definisikan suatu bilangan bulat negatif sebgai ” banyaknya kartu hitam yang tidak berpasangan” artinya jika ada tiga kartu hitam tidak berpasangan, maka ini menunjukkan bilangan negatif tiga (-3).

 

 

 

 

 

 

III.    Model dan Metode Pembelajaran

  1. Model Pembelajaran : Kooperatif tipe Teams Games Tournament
  2. Metode Pembelajaran : Ceramah, Kerja Kelompok, Tanya Jawab dan Penugasan, permainan.
  3. Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran
  4. Kegiatan Awal (10 menit)

Pendahuluan (pembuka)

  • Memberikan salam.
  • Berdoa
  • Absensi kelas
    1. Apersepsi :
  1. Guru bertanya kepada siswa, berapa jumlah siswa di dalam kelas?
  2. Guru bertanya kepada siswa, berapa sisa kursi di dalam kelas yang tidak diduduki oleh siswa (sisa kursi yang kosong)?
    1. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran ke siswa yang akan dilaksanakan.

 

  1. Step 1 : Pengajaran
  1. Guru menjelaskan materi tentang pengertian bilangan bulat, bagian dari bilangan bulat dan beberapa operasi hitungnya.
  2. Guru dan siswa melakukan tanya jawab terhadap materi pelajaran.

 

  1. Step 2 : Belajar Tim
  2. Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok belajar yang terdiri dari 5-6 orang siswa yang heterogen (pengelompokan disesuaikan dengan jumlah siswa).
  3. Guru menjelaskan aturan operasi hitung dengan menggunakan media kartu bilangan dua warna.
  4. Guru memberikan media kartu bilangan dua warna kepada setiap kelompok (menjelaskan materi).
  5. Siswa diberi tugas untuk menjawab soal-soal dalam bentuk LKS bersama kelompoknya.
  6. Guru membimbing siswa dalam kelompok.
  7. Guru memberikan nilai LKS yang telah dikerjakan oleh setiap kelompok.

 

  1. Step 3 : Tournament
  2. Guru mengadakan Tournament dilakukan dengan Guru membuat meja-meja turnamen yang terdiri dari 5-6 orang wakil setiap kelompok dengan kemampuan yang sama, yang bertujuan untuk memastikan bahwa seluruh anggota kelompok telah menguasai pelajaran.
  3. Dalam tournament siswa menjawab soal-soal yang telah dipilih dalam kartu bernomor.
  4. Skor yang diperoleh setiap siswa dalam turnamen ini dicatat pada lembar penilaian.
  5. Step 4 : Rekognisi Tim
  6. Guru menghitung skor tim berdasarkan turnamen anggota dari tim.
  7. Guru merekognisikan setiap tim apabila mereka berhasil melampaui kriteria yang telah di tetapkan sebelumnya.

 

  1. Kegiatan Akhir (10 menit)

 

  1. Guru memberikan penguatan terhadap hasil tournament yang dilakukan oleh siswa.
  2. Guru memberikan penghargaan kepada semua kelompok sesuai skor yang diperoleh.
  3. Guru bersama siswa menyimpulkan materi pelajaran.
  4. Guru mengadakan evaluasi.
  5. Guru memberikan refleksi kepada siswa (guru bertanya kepada siswa apakah siswa senang dengan materi yang dipelajarinya)
  6. Guru memberikan tindak lanjut berupa PR (Pekerjaan Rumah) kepada siswa.

dengan materi yang dipelajarinya).

 

  1. Sumber Belajar
  • Buku Matematika V Semester I
  • Lingkungan sekitar siswa (dapat dijadikan apersepsi diawal pembelajaran)
  • LKS
  • Alat dan Bahan

– Kertas Karton berwarna putih dan hitam

– Kartu bilangan

 

  1.  Media
    • Kartu bilangan dua warna

 

  1. Penilaian
  • Tehnik :  pengamatan dan tertulis (terlampir)
  • Bentuk Instrumen :  lembar pengamatan dan essay (terlampir)
  • Instrumen : (terlampir)

 

 

 

Mengetahui:                                                                             Nusa Penida, ……….

Kepala SDN 6 Sakti,                                                                       Guru Kelas V

 

 

NIP.                                                                                                    NIP.

 

 

 

 

  1. Lembar Pengamatan (Psikomotor)
No. Nama Kerjasama dalam Kelompok
1 2 3 4 5

 

  1. Lembar Pengamatan (Afektif)
No. Nama Kesungguhan dalam Mengikuti Pelajaran dan Tanya jawab
1 2 3 4 5

 

Keterangan :

Catatan skor untuk setiap indikator :

  • : sangat kurang
  • : kurang
  • : cukup
  • : baik
  • : sangat baik

 

  1. Soal (evaluasi)

Jawablah soal di bawah ini dengan benar!

  1. 12 + 7      = …… (Skor 2)
  2. 26 – 19      = …… (Skor 2)
  3. (-16) + 21 = …… (Skor 2)
  4. 13 – 10     =…… (Skor 2)
  5. (-7) – (-20) = …… (Skor 2)

Kunci Jawaban

  1. 19
  2. 7
  3. 5
  4. 3
  5. 13

 

 

Lembar Kerja Siswa

(LKS)

Nama                   :

Kelas/semester   :                             

Kerjakan soal-soal di bawah ini dengan menggunakan media kartu bilangan dua warna !

Andi mempunyai 5 kartu berwarna putih dan 3 kartu berwarna hitam. Budi mempunyai 3

Kartu berwarna putih dan 5 kelereng berwarna hitam. Samakah jumlah kelereng yang dimiliki Andi dan Budi?

 

Ternyata jumlah kelereng Andi sama dengan jumlah kelereng Budi. Jadi, -5 + 3 = 3 + -5.

Catatan :

Cara penjumlahan seperti ini menggunakan sifat komutatif. Secara umum, sifat komutatif pada penjumlahan dapat ditulis sebagai berikut.

a + b = b + a

(a dan b sembarang bilangan bulat.)

Jawablah soal-soal di bawah ini dengan benar !

  1. 4 + 5 = 5 + . . .
  2. –2 + 3 = 3 + . . . . .
  3. 7 + (–4) = . . . + (–4)
  4. –5 + (–6) = –5 + . . .
  5. –10 + 1 = 1 + …..

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Slavin, Robert E. 1995. Cooperative Learning.Second Edition. Allyn and Bacon: Massachusetts.

Ada pertanyaan atau komentar?