RPP IPA MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

(RPP)

 

Nama Sekolah             :  SDN 6 SAKTI

Mata Pelajaran            : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)

Kelas / Semester          : IV (Empat) / I (Satu)

Jumlah Pertemuan       : 1 x Pertemuan

  1. A.    Standar Kompetensi
    1. Memahami beragam sifat dan perubahan wujud benda serta berbagai cara penggunaan benda berdasarkan sifatnya.
  1. B.     Kompetensi Dasar

6.1 Mengidentifikasi wujud benda padat, cair, dan gas memiliki sifat tertentu.

  1. C.    Indikator Pembelajaran

6.1.1 Menemukan sifat-sifat benda padat, cair, dan gas.

6.1.2 Mengelompokan benda-benda padat, cair, dan gas yang ada di lingkungan sekitar.

  1. D.    Tujuan Pembelajaran
    1. Setelah siswa melakukan percobaan, siswa dapat menemukan sifat-sifat benda padat, cair, dan gas.
    2. Setelah siswa mengindentifikasi benda-benda yang ada di lingkungan sekitar, siswa dapat mengelompokkan benda padat, cair, dan gas yang ada di lingkungan sekitar.
  1. E.     Materi Pembelajaran

BENDA PADAT, CAIR DAN GAS

 URAIAN MATERI

      1). Benda Padat

Benda padat merupakan benda yang paling banyak ditemukan di sekitar kita. Sifat-sifat benda padat antara lain :

  1. Bentuk dan volumenya tetap
  2. Menempati Ruangan
  3. Memiliki berat

Benda-benda yang termasuk benda padat contohnya antara lain : meja, kursi, papan tulis, buku, pensil, bolpoin, batu, kayu, kapas, spoon, besi, kain, per, dll. Selain sifat-sifat di atas, benda padat juga memiliki sifat-sifat lain yaitu :

  1. Benda padat ada yang keras dan berat misalnya : kayu, besi, dan batu.
  2. Benda padat ada yang ringan misalnya : batu apung, kapas, kain, steroform, dan sebagainya.
    1. Benda padat ada yang lentur misalnya : karet, per, dan kasur busa.
    2. Benda padat ada yang lunak dan lembek misalnya : plastisin, terigu adonan kue, tanah lember, dll.

2). Benda Cair

Benda yang termasuk benda cair cukup banyak contohnya antara lain : air, kecap, minyak goreng, sirup, oli, dll. Sifat-sifat benda cair yaitu :

  1. Menempati ruang
  2. Memiliki berat
  3. Memiliki tekanan dan menekan ke segala arah
    1. Bentuk benda cair berubah-ubah mengikuti bentuk wadahnya, tetapi isi (volumenya) tetap.
  4. Permukaan air yang tenang selalu datar.
  5. Mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah.

3). Benda Gas

Benda-benda yang termasuk benda gas yaitu udara, uap air, asap, gas, dll. Sifat-sifat benda gas yaitu :

  1. Menempati ruang dan mengisi seluruh ruangan yang tersedia
  2. Memiliki berat
  3. Memiliki tekanan
  4. Dapat dimanfaatkan

4). Contoh Gambar Benda Padat, Cair, dan Gas :

1. Benda Padat

2. Benda Cair

3. Benda Gas

F. Alokasi Waktu

1 x Pertemuan (2 x 35 menit)

G. Model Pembelajaran

Model Pembelajaran Kuantum (Model Quantum  Learning)

Metode Pembelajaran : diskusi, tanya jawab, demonstrasi, percobaan, penugasan.

H. Kegiatan Pembelajaran

Tahap

Uraian Kegiatan Pembelajaran

Alat dan Media

Waktu

Pendahuluan Kegiatan Inti Apersepsi :

  • Guru menggali pengetahuan awal siswa tentang materi yang akan dipelajari, dengan mengajukan beberapa pertanyaan seperti :
  1. Siapa yang sudah mandi sebelum berangkat ke sekolah ?
  2. Anak-anak mandi menggunakan apa ?
  3. Air termasuk wujud dari benda apa anak-anak ?
  4. Selain air, benda-benda apa lagi yang digunakan untuk mandi anak-anak ?
  5. Termasuk wujud benda apa?
  6. Siapa yang masih ingat benda berdasarkan wujudnya dapat digolongkan menjadi berapa? Apa saja? Coba sebutkan!
  • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

a. Eksplorasi

Sintaks 1 (Tumbuhkan)

  • Guru menyajikan media yang berkaitan dengan benda padat, cair, dan gas.
  • Guru memberikan beberapa  pertanyaan yang dapat menumbuhkan minat siswa. Adapun pertanyaan tersebut antara lain:
  1. Anak-anak ibu membawa satu botol air, jika air ini ibu tuangkan dalam sebuah mangkok, bagaimana bentuk air dalam mangkok? Apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi?
  2. Anak-anak jika balon  ditiup, apa yang akan terjadi? Jika kemudian  balon dikempeskan, apa pula yang akan terjadi? Apakah kalian tahu apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi ?

 

 

b. Elaborasi

Sintaks 2 (Alami)

  • Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok heterogen sesuai dengan jumlah siswa.
  • Guru memberikan tugas kepada siswa berupa LKS (Lembar Kerja Siswa) untuk dikerjakan pada masing-masing kelompok.
  • Siswa melakukan langkah-langkah kegiatan percobaan yang ada dalam LKS bersama kelompoknya.

Sintaks 3 (Namai)

  • Siswa mengerjakan LKS yang telah diberikan bersama kelompoknya
  • Siswa menjawab pertanyaan yang ada dalam LKS bersama kelompoknya secara teliti

Sintaks 4 (Demonstrasikan)

  • Guru membingbing siswa dalam mengerjakan LKS (Lembar Kerja Siswa).
  • Guru melakukan penilaian proses pada saat siswa melakukan diskusi kelompok.
  • Selesai mengerjakan LKS, salah satu wakil kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas.
  • Kelompok yang lain memperhatikan dan memberikan tanggapan terhadap hasil diskusi yang telah dipresentasikan.
  • Guru sebagai moderator memberikan tanggapan terhadap hasil diskusi yang telah disampaikan.

c. Konfirmasi

Sintaks 5 (Ulangi)

  • Guru membahas kembali hasil diskusi yang telah disampaikan.
  • Bila ada hasil diskusi yang kurang tepat, guru memberikan perbaikan.
  • Guru meminta salah satu siswa untuk mengulangi, hasil diskusi yang telah diperoleh atau yang telah disampaikan tadi.
  • Guru memberikan evaluasi atau penilaian terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.

 

Buku tulis, batu, kayu, gelas, gula pasir, air, mangkok, balon, kertas karton, per, karet, dan plastisin.LKS  10 Menit50 Menit 
Penutup Sintaks 6 (Rayakan)

  •  Guru bersama-sama siswa membuat rangkuman/ menyimpulkan materi yang telah disampaikan dalam proses pembelajaran.
  •  Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang menunjukkan sikap positif selama pembelajaran berlangsung dengan memberikan pujian atau reward berupa tepuk tangan serta tanda penghargaan.
  •   Guru memberikan refleksi terhadap siswa
  •   Guru memberikan tindak lanjut berupa PR
  •  Guru menyampaikan materi yang akan diberikan pada saat pertemuan berikutnya
  •  Guru menutup pelajaran.

 

Tanda Penghargaan 10 Menit
  1. I.       Penilaian / Evaluasi

1). Penilaian Proses

Dalam penilaian proses yang dinilai adalah keaktifan siswa dalam proses pembelajaran.

(Bentuk Lembar Pengamatan / Observasi Terlampir )

2). Penilaian Hasil Belajar

1. Teknik Penilaian      : Tes

2. Bentuk Instrumen   : Tertulis

3. Instrument Penilaian : (Terlampir)

  1. J.      Sumber Belajar
  • Sumber
  1. Buku paket ”Sains Sahabatku 4A” Pelajaran Sains untuk Kelas 4 SD Semester I terbitan Ganeca Exact.
  2. Buku Paket ”Saya Ingin Pintar” Ipa Kela IV Semester I terbitan Gravindo Media Pratama.
  • Alat / Media
  1. LKS
  2. Buku tulis, batu, kayu, gelas, gula pasir, air, kapas, mangkok, balon, kertas karton, per, karet, dan plastisin.

Mengetahui/Mengesahkan                                          …………………………………………

Kepala SD……………………..                                                     Guru Kelas/Mapel

(…………………………………..)                                                     (……………………………)

NIP………………………………                                                     NIP………………………..

Sumber: Kumpulan RPP Kelas M07 PGSD Undiksha

Advertisements

Posted on March 23, 2014, in RPP Model Pembelajaran. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Ada pertanyaan atau komentar?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s