RPP SD Kelas 4 tema indahnya kebersamaan Sub Tema 1 Pemb 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                                   (RPP)

 

SatuanPendidikan    : SDN 6 Sakti

Kelas / Semester        : 4 /1

Tema 1                              : Indahnya Kebersamaan

Sub Tema 1                    : Keberagaman Budaya Bangsaku

Pembelajaranke       : 1

Alokasiwaktu             : 1 Hari ( 5 x 35 memit)

 

 

A. KOMPETENSI INTI (KI)

  1. Menerima, menghargai dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya.
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

 

B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

 

 PPKn

Kompetensi Dasar

3.4     Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat.

4.3     Bekerja sama dengan teman dalam keberagaman di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.

4.4     Mengelompokkan kesamaan identitas suku bangsa (pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat), social ekonomi (jenis pekerjaan orang tua) di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar.

 

Indikator

  • Menjelaskan keberagaman yang ada di Indonesia dalam bentuk tulisan.
  • Menjelaskan ciri khas suku Minang dalam bentuk peta pikiran.
  • Menuliskan contoh perilaku sebagai bentuk kebanggaan menjadi anak Indonesia.

 

 IPS

Kompetensi Dasar

3.5    Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial,  budaya, dan ekonomi.

4.5    Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.

Indikator

  • Menjelaskan sikap yang harus ditunjukkan untuk menghormati keberagaman dalam bentuk tulisan.

 

 

 

Seni Budaya dan Prakarya

Kompetensi Dasar

3.3     Membedakan panjang-pendek bunyi, dan tinggi-rendah nada dengan gerak tangan.

4.5     Menyanyikan lagu dengan gerak tangan dan badan sesuai dengan tinggi rendah nada.

Indikator

  • Menyanyikan lagu “Aku Anak Indonesia “ dengan tinggi rendah nada yang sesuai.

 

Bahasa Indonesia

Kompetensi Dasar

3.1     Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.

4.1     Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.

              Indikator

  1. Mengolah informasi dari teks “Mengenal Suku Minang” dalam bentuk peta pikiran.

 

C. TUJUAN PEMBELAJARAN

  1. Setelah mengamati gambar dan diskusi kelas, siswa mampu menjelaskan keberagaman yang ada di Indonesia dalam bentuk tulisan dengan benar.
  2. Setelah membaca teks “Mengenal Suku Minang”, siswa mampu mengolah informasi dalam bentuk peta pikiran dengan benar.
  3. Setelah mencari informasi keragaman teman sekelasnya dan berdiskusi, siswa mampu menjelaskan sikap yang harus ditunjukkan untuk menghormati keberagaman dalam bentuk tulisan dengan benar.
  4. Setelah bernyanyi dan berdiskusi, siswa mampu menuliskan contoh perilaku sebagai bentuk kebanggaan menjadi anak Indonesia dengan benar.
  5. Setelah bernyanyi dan berdiskusi, siswa mampu membedakan tinggi rendah notasi yang sesuai.

 

D. MATERI PEMBELAJARAN

 

 

  1. Peta budaya (ada di buku siswa), teks lagu “Aku Anak Indonesia”, perbedaan pakaian adat, rumah adat, tarian adat, dan alat musik tradisional.
  2. Teks “Mengenal Suku Minang”.
  3. Ciri khas daerah dapat dilihat dari berbagai sisi (bangunan, pakaian, rumah adat, bahasa, upacara adat, dan lain-lain).

 

 

E. PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN

Pendekatan          : Scientific

Strategi                 : Cooperative Learning

Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, dan Ceramah

 

F. MEDIA, ALAT, DAN SUMBER BELAJAR

  1. Media dan Alat :
  • Video dan lagu “Aku Anak Indonesia”,
  • Gambar tentang Keberagaman Budaya Bangsa Indonesia

 

  1. Sumber Belajar :

 Buku Siswa Tema 1 “Indahnya Kebersamaan”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Buku Guru Tema 1 “Indahnya Kebersamaan”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

 

G. KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan Deskripsi Kegiatan AlokasiWaktu
Pendahuluan
  1. Guru membuka pelajarab dengan menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka.
  2. Guru meminta salah seorang siswa untuk memimpin doa.
  3. Guru melakukan apersepsi sebagai awal komunikasi guru sebelum melaksanakan pembelajaran inti.
  4. Guru memberi motivasi kepada siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan.
  5. Siswa mendengarkan penjelasan dari guru kegiatan yang akan dilakukan hari dan apa tujuan yang akan dicapai dari kegiatan tersebut dengan bahasa yang sederhana dan dapat dipahami.
10 menit
 Kegiatan Inti

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Siswa mengamati peta budaya perbedaan pakaian adat, rumah adat, tarian adat, dan alat music tradisional.
  2. Siswa menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa. (hal.3)
  3. Guru berkeliling untuk mengetahui apakah ada siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan tugas.
  4. Siswa mendiskusikan jawaban secara berkelompok (satu kelompok terdiri atas 5 siswa).
  5. Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.
  6. Siswa membaca teks “Mengenal Suku Minang”.
  7. Siswa mengambil informasi penting dari teks yang dibacanya dan menuliskannya dalam bentuk peta pikiran.

(buku siswa hal. 5)

  1. Siswa berpasangan mendiskusikan jawaban dengan temannya. Guru dan siswa mendiskusikan hasil jawaban tersebut di depan kelas.
  2. Setelah membuat peta pikiran dan mendiskusikannya, siswa secara individu menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa. (hal. 5)
  3. Untuk menggiring siswa pada pelajaran selanjutnya, guru secara klasikal mengajukan pertanyaan berikut:
  • Dari manakah asal daerah kalian?
  • Apakah ciri khas daerah asalmu?
  1. Siswa mencari asal-usul daerah teman-temannya di kelas melalui kegiatan bertanya-jawab tentang suku, agama, dan ciri khas daerah masing-masing. Ciri khas daerah dapat dilihat dari berbagai sisi (bangunan, pakaian, rumah adat, bahasa, upacara adat, dan lain-lain). (buku siswa hal. 6)
  2. Siswa menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa. (hal. 6)
  3. Siswa mengisi tabel tentang sikap yang berkaitan dengan keberagman. (hal. 7)
  4. Menyanyikan lagu “Aku Anak Indonesia” berbantuan sound speaker.
  5. Siswa mendiskusikan isi dan makna lagu “Aku Anak Indonesia” dalam kelompoknya, dan mempresentasikan di depan kelas.
  6. Siswa menulis prilaku yang menunjukkan rasa bangga menjadi Anak Indonesia. (hal. 9)
150 menit
 
 
 
Penutup
  1. Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini dan menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain yang ingin mereka pelajari lebih lanjut.
  2. Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka.
  3. Siswa diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
  4. Guru menyampaikan pesan moral untuk senantiasa menghargai keberagaman budaya bangsa.
  5. Salam dan do’a penutup.

Pengayaan

  • Siswa dapat mencari tambahan informasi tentang keberagaman di Indonesia melalui internet, koran, narasumber (bertanya kepada orang tua atau masyarakat sekitar), atau majalah.

Remedial

  • Kegiatan remedial diberikan kepada siswa yang masih memiliki kesulitan dalam memahami peta pikiran. Kegiatan ini dapat dilakukan secara kelompok atau individu selama 30 menit.

 

Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan.

  1. Beri siswa peta pikiran kosong.
  2. Mintalah siswa menuliskan topik yang akan dibahas di lingkaran tengah.
  3. Bimbing siswa untuk membahas subtopik di setiap lingkaran dengan mengajukan pertanyaan pengarah.

 

15 menit

 

H. PENILAIAN

  1. Teknik Penilaian
  1. Penilain Sikap : Teknik Observasi
  2. Penilaian Pengetahuan : Tertulis
  3. Penilaian Keterampilan : Penilaian Kerja

 

  1. Bentuk Instrumen Penilain
  1. Lembar Penilaian Sikap
No. Nama Siswa Perubahan Tingkah Laku
Cermat Teliti Tanggung Jwab
BT T M BT T M BT T M
1 2 3 1 2 3 1 2 3
1.
2.
3.
Keterangan:BT : Belum Terlihat

T   : Terlihat

M : Menonjol

Berilah tanda centang (√) pada kolom yang sesuai.

 

 

  1. Lembar Penilaian Pengetahuan

Daftar periksa untuk peta pikiran (Bahasa Indonesia)

No Kriteria Keterangan
Sudah Belum
1. Peta pikiran memuat rumah adat    
2 Peta pikiran memuat bahasa    
3 Peta pikiran memuat makanan tradisional    
4 Peta pikiran memuat tarian tradisional    

 

Daftar periksa untuk sikap menunjukkan keberagaman (IPS PPKn)

No Kriteria Keterangan
Sudah Belum
1. Menuliskan 5 sikap menghargai keberagaman    
2 Menuliskan 5 sikap yang tidak menghargai keberagaman    

 

Daftar periksa untuk bernyanyi (SBdP)

No Kriteria Keterangan
Sudah Belum
1. Bernyanyi sesuai dengan intonasi yang benar    
2 Bernyanyi sesuai dengan tinggi rendah nada    

 

  1. Rubrik Penilaian Keterampilan (Diskusi)
Kriteria Keterampilan
Bagus Cukup Berlatih Lagi
Mendengarkan Selalu mendengarkanteman yang sedang

berbicara.

Mendengarkan temanyang berbicara namun

sesekali masih perlu

diingatkan.

 

Masih perludiingatkan untuk

mendengarkan

teman yang sedang

berbicara.

Komunikasinonverbal (kontak

mata, bahasa

tubuh, postur,

ekspresi wajah,

suara)

Merespons danmenerapkan komunikasi

nonverbal dengan tepat

Merespons dengan tepatterhadap komunikasi

nonverbal yang

ditunjukkan teman.

Membutuhkanbantuan dalam

memahami bentuk

komunikasi nonverbal

yang ditunjukkan

teman.

Partisipasi(menyampaikan

ide, perasaan,

pikiran)

Isi pembicaraanmenginspirasi teman.

Selalu mendukung dan

memimpin lainnya saat

diskusi.

Berbicara danmenerangkan secara

rinci, Merespons sesuai

dengan topik.

Jarang berbicaraselama proses diskusi

berlangsung.

Keruntutanberbicara Menyampaikanpendapatnya secara

runtut dari awal hingga

akhir.

Menyampaikanpendapatnya secara

runtut, tetapi belum

konsisten.

Masih perlu berlatihuntuk berbicara

secara runtut.

 Catatan : Centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria.

 

 

 

 

Mengetahui:                                                                            Sebunibus, 20 Juli 2014

Kepala SDN 6 Sakti                                                               Guru Kelas IV,

 

 

 

 

 

I Nyoman Jasna, S.Pd.                                                            I Wayan Darmaya, S.Pd.

NIP 19671119 199007 1 001                                                NIP –

Advertisements

Posted on September 5, 2014, in Kurikulum 2013, RPP Kurikulum 2013. Bookmark the permalink. 4 Comments.

  1. endang sri widayati

    Trimakasih info r p p nya nanti ,trimakasih.

  2. endang sri widayati

    i p s apakah ada nilai sikapnya?

    • endang sri widayati

      Trimakasih info RPP nya,nanti akan saya buat penilaianya di sekolah.

    • Endang sri widayati: Ada, gabung dengan PKn-nya
      Daftar periksa untuk sikap menunjukkan keberagaman (IPS PPKn)

      Ini RPP k13 tahun 2014, sekarang sudah ada perubahn k13 tahun 2016. Kalau mau menerapkan, disesuaikan saja nanti.
      Perubahannya terdapat pada penilaian dan kegiatan intinya.

      Terimakasih.

Ada pertanyaan atau komentar?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: