Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT)

YANDAR YDL | Model Pembelajaran  Numbered Heads Together (NHT)

Hai Sobat YDL, lagi-lagi saya share materi kuliah Model-Model Pembelajaran.

Materi ini saya dapat waktu kuliah PGSD di Undiksha. Bagi yang membutuhkan silahkan!

Model Pembelajaran  Numbered Heads Together (NHT)

Pengertian dan Karakteristik 

Salah satu metode pembelajaran kooperatif yang cukup banyak diterapkan di sekolah-sekolah adalah Numbered Heads Together atau disingkat NHT. Numbered Heads Together adalah suatu model pembelajaran yang lebih mengedepankan kepada aktivitas siswa dalam mencari, mengolah, dan melaporkan informasi dari berbagai sumber yang akhirnya dipresentasikan di depan kelas (Trianto, 2007). Adapun ciri khas dari NHT adalah guru hanya menunjuk seorang siswa yang mewakili kelompoknya. Menurut Muhammad Nur (2005:78), dengan cara tersebut akan menjamin keterlibatan total semua siswa dan merupakan upaya yang sangat baik untuk meningkatkan tanggung jawab individual dalam diskusi kelompok.

Langkah-langkah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT)

Langkah-langkah pembelajaran dikembangkan oleh Ibrahim (2000: 29) ada enam langkah sebagai berikut.

  • Langkah 1 : Persiapan

Dalam tahap ini, guru mempersiapkan rancangan pelajaran dengan membuat Skenario Pembelajaran (SP) dan Lembar Kerja Siswa (LKS) .

  • Langkah 2 : Pembentukan kelompok

Dalam tahap ini, guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok seccara heterogen, dan setiap anggota kelompok masing-masing diberikan nomor yang berbeda.

  • Langkah 3 : Tiap kelompok membaca buku paket atau buku panduan

Dalam tahap ini, setiap kelompok harus membaca buku paket atau buku panduan untuk memudahkan mengerjakan Lembar Kerja Siswa (LKS).

  • Langkah 4 : Diskusi masalah

Dalam tahap ini, siswa berdiskusi bersama untuk memecahkan masalah yang diberikan guru.

  • Langkah 5 : Memanggil nomor anggota atau pemberian jawaban

Dalam tahap ini, guru menyebut satu nomor dan para siswa dari tiap kelompok dengan nomor yang sama mengangkat tangan dan menyiapkan jawaban kepada siswa di kelas.

  • Langkah 6 : Memberi kesimpulan

Dalam tahap ini, guru bersama siswa menyimpulkan jawaban akhir dari semua pertanyaan yang berhubungan dengan materi yang disajikan.

 

Sumber: Materi Kuliah PGSD, Kumpulan Model-model Pembelajaran oleh Kelas M angkatan 2007.
Advertisements

About YANDAR YDL

https://yandarydl.wordpress.com Seorang blogger yang suka menulis, belajar, dan berbagi tentang pendidikan dan tutorial design grafis.

Posted on February 18, 2016, in Model Pembelajaran and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Ada pertanyaan atau komentar?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: