Model Pembelajaran SAVI

YANDAR YDL | Model Pembelajaran SAVI

Hai sobat YDL, kali ini saya share materi model pembelajaran SAVI.

Pengertian Model Pembelajaran SAVI

SAVI singkatan dari Somatic, Auditori, Visual dan Intektual. Dimana dari masing-masing penjabaran tersebut mempunyai sebuah makna. Somatic yang bermakna gerakan tubuh (hands-on, aktivitas fisik) di mana belajar dengan mengalami dan melakukan; Auditory yang bermakna bahwa belajar haruslah dengan melalui mendengarkan, menyimak, berbicara, presentasi, argumentasi, mengemukakan pendapat, dan menanggapi; Visualization yang bermakna belajar haruslah menggunakan indra mata melalui mengamati, menggambar, mendemonstrasikan, membaca, menggunakan media dan alat peraga; dan Intellectualy yang bermakna bahwa belajar haruslah menggunakan kemampuan berpikir (minds-on) belajar haruslah dengan konsentrasi pikiran dan berlatih menggunakannya melalui bernalar, menyelidiki, mengidentifikasi, menemukan, mencipta, mengkonstruksi, memecahkan masalah, dan menerapkan.

 

Sintaks Model Pembelajaran SAVI

Sintaks model pembelajaran SAVI dapat direncanakan dan kelompok dalam empat tahap:

  • Tahap persiapan. Guru membangkitkan minat siswa, memberikan perasaan positif mengenai pengalaman belajar yang akan datang, dan menempatkan mereka dalam situasi optimal untuk belajar
  • Tahap Penyampaian. Guru hendaknya membantu siswa menemukan materi belajar yang baru dengan cara menari, menyenangkan, relevan, melibatkan panca indera, dan cocok untuk semua gaya belajar.
  • Tahap Pelatihan. Guru hendaknya membantu siswa mengintegrasikan dan menyerap pengetahuan dan keterampilan baru dengan berbagai cara.
  • Tahap penampilan hasil. Guru hendaknya membantu siswa menerapkan dan memperluas pengetahuan atau keterampilan baru mereka pada pekerjaan sehingga hasil belajar akan melekat dan penampilan hasil akan terus meningkat.

 

Sumber: Kumpulan Model Pembelajaran Kelas M angkatan 2007

Advertisements

About YANDAR YDL

https://yandarydl.wordpress.com Seorang blogger yang suka menulis, belajar, dan berbagi tentang pendidikan dan tutorial design grafis.

Posted on February 18, 2016, in Model Pembelajaran and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Ada pertanyaan atau komentar?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: