RPP Bhs Indonesia dengan Model Make A Match (mencari pasangan)

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

                                  (RPP)

 Nama sekolah            : Sekolah Dasar

Kelas / Semester        : VI/I

Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia

Materi                         : Cerita Anak

Alokasi Waktu           : 3 x 35 menit (1x Pertemuan)

Standar Kompetensi:

Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca teks drama.

Kopetensi Dasar:

7.2 Mengidentifikasi berbagai unsur (tokoh,sifat, latar, tema, jalan cerita, dan amanat) teks dari drama anak.

Indikator:

  • Menentukan tokoh dalam cerita teks drama anak.
  • Menentukan watak tokoh dalam cerita teks drama anak.
  • Menentukan tema, latar, dan amanat cerita teks drama anak,

Tujuan Pembelajaran :

Adapun tujuan yang diharapkan dapat tercapai setelah pembelajaran ini berlangsung adalah sebagai berikut:

  • Siswa dapat menentukan tokoh dalam cerita teks drama anak yang di bacanya.
  • Siswa dapat menentukan watak tokoh dalam cerita teks drama anak yang di bacanya.
  • Siswa dapat menentukan tema, latar, dan amanat dari cerita teks drama yang di bacanya.

Materi Ajar :

  • Cerita drama anak (cerita anak dengan judul timun mas) terlampir.
  • Metode dan model pembelajran :
  • Metode : ceramah, diskusi, penugasan, Tanya jawab, permainan.
  • Model : Make A Match (mencari pasangan).

Langkah – Langkah Pembelajaran.

Kegiatan Awal

  • Guru melakukan Apersepsi :
  • Guru melakukan pengabsenan.
  • Guru berdoa bersama siswa.
  • Guru menanyakan filem kesukaan dari siswa.
  • Dari jawaban para siswa guru mengaitkan ke materi yang akan di ajarkan.
  • Siapakah tokoh cerita dan bagaimanakah watak dari masing-masing tokok certia yang disebutkan siswa.
  • Bagaimanakah alur, latar dan amanat dari cerita yang disebutkan siswa.
  • Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan kemampuan-kemampuan yang harus di kuasai setelah siswa usai mengikuti pembelajaran.
  • Guru menyampekan materi yang akan diajarkan dan guru memberikan sebuah cerita teks drama anak yang berjudul Timun Mas.

Kegiatan Inti

  • Guru menyiapkan beberapa kartu yang berwarna warni berisi topik mengenai teks drama anak yang berjudul Timun Mas. Sebagian kartu berisi soal dan sebagian lainnya berisi kartu jawaban.
  • Guru menyampaikan langkah-langkah yang akan dilakukan oleh siswa dengan kartu yang dibawa oleh guru. Contoh : siswa yang membawa karu soal yang berisi perintah “ siapakah pemeran utama dari cerita timun mas?” maka siswa yang memegang kartu ini akan berpasangan dengan siswa yang memegang kartu yang berisi tulisan “Timun Mas” begitu sebaliknya dengan kartu-kartu yang lainya.
  • Guru mengkocok kartu yang dibawanya dan membagikan ke Setiap siswa satu persatu.
  • Guru memberikan rentangan waktu ±5menit kepada setiap siswa untuk memikirkan baik itu jawaban/soal dari kartu yang dipegangnya.
  • Setiap siswa mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya (soal/ jawaban).
  • Setiap siswa yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberikan oleh guru mendapatkan poin.
  • Setelah satu babak kartu dikocok lagi agar setiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya selama 3 babak seperti dengan ketentuan sebelumnya.

Kegiatan Akhir

  • Guru memberikan penguatan terhadap pemahaman siswa.
  • Guru mengkonfirmasi terhadap materi yang sudah diajarkan.
  • Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilalui dengan memberikan evaluasi dengan memberikan pertanyan secara lisan kepada siswa dan menjelaskan kembali agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.
  • Guru memberikan tugas berupa PR.

 

Sumber / Bahan / Media :

  • Sumber :
  • Gemar Berbahasa Indonesia 6 Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Halaman 95. Materi Teks Drama Anak.
  • Bahan :
  • Kertas polio berwarna kuning, abu-abu, dan biru.( terlampir)
  • Media : Kartu pasangan. (Terlampir)

Teknik dan Bentuk Penilaian :

  • Jenis                         : lembar observasi dan Tertulis.
  • Kriteria penilaian   : Terlampir
  • Instrument penilaian : Terlampir

 

Mengetahui:                                                             Nusa Penida, . .. . .

Kepala Sekolah                                                        Guru Kelas

 

……………………..                                                         ………………………….

 

 

Semoga Bermanfaat.

Advertisements

About YANDAR YDL

https://yandarydl.wordpress.com Seorang blogger yang suka menulis, belajar, dan berbagi tentang pendidikan dan tutorial design grafis.

Posted on March 19, 2016, in RPP Model Pembelajaran and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Ada pertanyaan atau komentar?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: