RPP IPA dengan Model Pembelajaran ICI ( Interactive Conceptual Instruction)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan : SDN 6 SAKTI
Mata Pelajaran        : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Materi Pokok           : Tumbuhan dan Hewan
Kelas                          : IV(Empat)
Semester                    : I (Satu)
Pertemuan Ke          : Pertama (I)
Alokasi Waktu         : 2 x 35 Menit

Standar Kompetensi
Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya.

Kompetensi Dasar
– Menyebutkan bagian-bagian pada tumbuhan
– Menjelaskan hubungan antara struktur batang tumbuhan dengan fungsinya

Indikator
1. Menyebutkan secara umum bagian-bagian yang terdapat pada tumbuhan
2. Membuktikan hubungan antara struktur batang tumbuhan dengan fungsinya melalui percobaan.

I. Materi Ajar
Bagian-bagian pada tumbuhan
Pada umumnya bagian-bagian pada tumbuhan terdiri dari bunga, buah, daun, akar dan batang.

bunga rpp ip ICT yandar ydl

Dalam pertemuan ini akan dibahas secara mendalam, khusus pada materi bagian batang pada tumbuhan. Struktur batang tumbuhan terdiri atas epidermis, korteks, endodermis, dan silinder pusat (stele). Silinder pusat pada batang ini terdiri atas beberapa jaringan yaitu empulur, perikardium, dan berkas pengangkut yaitu xilem dan floem.
bagian batang yandar ydl
Gambar 1 Struktur Batang Tumbuhan
Umumnya, warna batang muda adalah hijau muda, sedangkan warna batang yang telah tua adalah kecokelat-cokelatan. Batang pada tumbuhan memiliki fungsi yaitu
– pengangkut air dan mineral dari akar ke daun, buah, dan bunga
– pengangkut zat makanan dari daun ke akar
– tempat tumbuhnya daun, bunga, dan buah
– tempat menyimpan cadangan makanan (seperti pada kentang dan tebu)
– sebagai alat perkembangbiakan vegetatif.

II. Model dan Metode Pembelajaran
Model : ICI ( Interactive Conceptual Instruction)
Metode : Kerja kelompok, Diskusi, Tanya jawab, Penugasan.

III. Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Awal (± 15 menit)

  • Guru mengecek kehadiran siswa (absensi)
  • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
  • Guru melakukan kegiatan apersepsi untuk mengecek pengetahuan awal siswa dan untuk merangsang rasa ingin tahu siswa serta mengarahkan siswa pada materi pembelajaran dengan meminta siswa untuk mengamati media yang dibawa oleh guru.
  • Guru mengajukan pertanyaan seperti: (1) siapa diantara kalian yang belum pernah melihat tumbuhan? (2) siapa diantara kalian yang tahu apa nama tumbuhan yang ibu bawa ini? (3) apa saja yang kalian lihat pada tumbuhan yang ibu bawa ini?
  • Siswa merespon pertanyaan guru.
  • Guru menjelaskan secara singkat mengenai konsep bagian-bagian pada tumbuhan dan hubungan struktur batang tumbuhan dengan fungsinya.

b. Kegiatan Inti (± 45 menit)
Tahap I Exploration (Eksplorasi)

  • Guru menempelkan peta konsep (caption) di papan tulis, melalui caption tersebut siswa mulai memahami konsep (conseptual focus) sesuai materi yang akan dipelajari.
  • Siswa menyesuaikan konsep yang ada pada caption di papan tulis dengan buku pelajaran penunjang yang dibawa sesuai dengan materi yang dibahas.
  • Siswa membentuk kelompok dengan jumlah anggota 4 sampai 5 orang
  • Membagikan LKS pada setiap kelompok, LKS yang dibagikan adalah LKS untuk membuktikan hubungan antara struktur batang tumbuhan dengan fungsinya melalui percobaan.
  • Siswa bersama kelompok melakukan percobaan untuk membuktikan hubungan struktur batang tumbuhan dengan fungsinya.
  • Melalui pengamatan guru memberi penilaian terhadap siswa yang aktif saat melakukan kegiatan percobaan.

Tahap II Elaborasi

  • Bersama dengan anggota kelompoknya, siswa mendiskusikan tentang hubungan antara struktur batang tumbuhan dengan fungsinya.
  • Masing-masing siswa dalam kelompok menuliskan hasil percobaan pada buku latihan.
  • Siswa menyampaikan atau mempresentasikan hasil diskusi melalui seorang perwakilan dari anggota kelompoknya.
  • Anggota dari kelompok lain diberi kesempatan untuk memberikan tanggapan atau pendapat dari jawaban atau hasil diskusi yang disampaikan oleh kelompok yang presentasi di depan kelas.
  • Guru memberi kesempatan untuk bertanya apabila ada hal-hal yang belum jelas ataupun yang belum dimengerti.
  • Guru memberikan pertanyaan pancingan untuk memunculkan argumentasi siswa, misalnya menurut kelompok kalian apakah semua jenis batang pada tumbuhan dapat mengangkut air?.
  • Melalui pengamatan guru memberi penilaian terhadap siswa yang aktif menjawab ketika diskusi dengan tetap memperhatikan ketepatan jawaban.

Tahap III Konfirmasi

  • Guru memberikan pujian kepada masing-masing kelompok yang sudah berhasil melakukan diskusi dan presentasi di depan kelas.
  • Guru memberikan penguatan dan penegasan terhadap diskusi yang sudah di lakukan, agar semua siswa dapat merefleksi apa yang sudah dilakukan.
  • Memberikan jawaban bagi anak yang bertanya karena mengalami kesulitan atau bertanya karena ada hal-hal yang belum dimengerti atau diketahui oleh siswa atau anak.
  • Guru memberikan informasi atau tugas baru agar siswa memahami materi lebih dalam.
  • Memberi motivasi kepada siswa yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c. Kegiatan Penutup atau Akhir (± 10 menit)

  • Guru dan siswa bersama-sama merangkum dan menyimpulkan materi pembelajaran dengan menanyakan kembali hal-hal apa saja yang telah dipelajari.
  • Guru memberikan tindak lanjut berupa tugas yang dikerjakan di rumah untuk memantapkan pemahaman dan mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh.

IV. Alat/Bahan/Sumber Belajar

  • Buku IPA untuk SD dan MI kelas IV (empat) karangan Heri Sulistyanto dan Edy Wiyono, penerbit Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, terbit di Jakarta bulan Juli 2008, halaman 25 – 36.
  • Media asli berupa batang pohon mangga, batang rumput, tumbuhan pacar air, pewarna makanan (warna merah), air dan gelas bening.
  • LKS (Lembar Kerja Siswa) yang terlampir.

V. Penilaian Hasil Belajar
– Lembar format penilaian : terlampir
– Jenis Tes : tes tulis dan unjuk kerja
– Bentuk Tes : soal uraian dan lembar observasi
– Soal Tes : terlampir
– Kreteria Penilaian : terlampir

 

Mengetahui:                                                                Nusa Penida,

Kepala Sekolah                                                           Guru Kelas

 

……………………                                                             ……………………….

 

Lampiran-lampirannya Akan di Update Menyusul.

Apabila Ada Pertanyaan, Silahkan Kometar di bawah.

Advertisements

About YANDAR YDL

https://yandarydl.wordpress.com Seorang blogger yang suka menulis, belajar, dan berbagi tentang pendidikan dan tutorial design grafis.

Posted on March 19, 2016, in RPP Model Pembelajaran and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Ada pertanyaan atau komentar?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: