RPP IPA Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan      : SD N 6 SAKTI

Mata Pelajaran            : IPA

Kelas/Semester            : IV/I

Materi Pokok              : Struktur dan Bagian Bunga

Alokasi Waktu            : 1 x pertemuan (2 x 35 menit)

Standar Kompetensi

Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya.

Kompetensi Dasar

2.4   Menjelaskan hubungan antara struktur bunga dengan fungsinya.

Indikator

2.4.1 Menyebutkan bagian-bagian bunga.

2.4.2. Menjelaskan fungsi bagian-bagian bunga.

2.4.3. Mengelompokkan bunga sempurna dan bunga tidak sempurna.

Tujuan Pembelajaran

  1. Melalui diskusi siswa dapat menyebutkan bagian-bagian bunga.
  2. Melalui diskusi siswa dapat menjelaskan fungsi bagian-bagian bunga.
  3. Melalui pengamatan siswa dapat mengelompokkan bunga sempurna dan bunga tidak sempurna.

 

Materi Pembelajaran

  1. Materi Pokok : Struktur dan bagian tumbuhan
  2. Subpokok Materi : Struktur dan bagian bunga
  3. Rincian Materi :

Bunga

Apakah kamu menyukai bunga? Setiap orang umumnya senang dengan bunga. Bunga merupakan bagian tumbuhan yang paling menarik, yang merupakan hiasan tumbuhan. Bentuk, warna, ukuran dan bau bunga bermacam-macam. Bunga berfungsi sebagai tempat berlangsungnya perkembangbiakan tumbuhan. Bunga, ada yang berbau dan ada yang tidak berbau. Bau yang dikeluarkan bunga pun bermacam-macam. Bunga yang berbau wangi, misalnya mawar, melati, dan sedap malam. Bunga yang tidak berbau, misalnya bungenfil dan kembang sepatu. Ada pula bunga yang baunya seperti bangkai misalnya raflesia arnoldi, yang merupakan bunga yang terbesar di dunia.

Warna bunga bermacam-macam, ada yang putih, kuning, merah, dan ungu. Warna bunga dapat mempengaruhi kumbang dan kupu-kupu untuk hinggap kemudian mengisap madu yang ada didalam bunga.. Fungsi bunga yang utama adalah membentuk biji agar tanaman dapat melanjutkan keturunannya. Selain itu, bunga dapat dipergunakan manusia sebagai hiasan (bunga mawar, melati, dahlia), perlengkapan upacara adat, dan rempah-rempah (cengkih).

GAMBAR BAGIAN-BAGIAN BUNGA:

bagian bunga yandar ydl

Bunga tersusun atas beberapa bagian sebagai berikut.

  1. Tangkai bunga berfungsi menghubungkan bunga dengan batang.
  2. Dasar bunga merupakan pangkal tangkai bunga yang membesar. Dasar bunga berfungsi sebagai tempat/kedudukan bunga.
  3. Kelopak bunga berfungsi sebagai pembungkus bunga saat belum mekar.
  4. Mahkota bunga berfungsi sebagai perhiasan bunga.
  5. Benang sari berfungsi sebagai alat kelamin jantan pada bunga.
  6. Putik berfungsi sebagai alat kelamin betina pada bunga.

 

Bunga disebut bunga lengkap bila mempunyai kelopak bunga, mahkota bunga, benang sari dan putik. Jika bunga tidak mempunyai salah satu bagian bunga tersebut, maka disebut bunga tidak lengkap. Bunga yang memiliki semua bagian, tetapi tidak ada benang sarinya disebut bunga betina. Bunga yang memiliki benang sari dan putik disebut bunga sempurna atau hermafrodit. Jika bunga mempunyai putik atau benang sari saja, maka bunga tersebut disebut bunga tidak sempurna.

Kelopak bunga merupakan bagian bunga yang masih mempertahankan sifat daun. Kelopak bunga berfungsi untuk melindungi kuncup bunga sebelum bunga mekar. Mahkota bunga biasanya memiliki warna dan bentuk yang menarik jika dibandingkan dengan kelopak bunga. Mahkota bunga ini berperan dalam menarik serangga dan agen penyerbukan yang lain. Benang sari merupakan bagian yang berperan sebagai alat reproduksi jantan pada bunga, benang sari terdiri atas kepala sari yang merupakan tempat berkembangnya serbuk sari (jantan) dan suatu tangkai yang disebut tangkai sari.

Putik merupakan alat reproduksi betina pada bunga. Pada putik terdapat kepala putik yang biasanya memiliki permukaan yang lengket sebagai tempat menempelnya serbuk sari. Selain itu, putik memiliki saluran yang disebut tangkai putik. Saluran ini menuju ke ovarium pada dasar bunga yang mengandung bakal buah tempat sel telur (betina).

Fungsi bunga yang utama adalah membentuk biji agar tanaman dapat melanjutkan keturunannya. Selain itu, bunga dapat dipergunakan manusia sebagai hiasan (bunga mawar, melati, dahlia), perlengkapan upacara adat, dan rempah-rempah (cengkih).

Perhatikan gambar jenis-jenis bunga berikut ini.

bunga bunga yandar ydl

 

Alokasi Waktu

1 x pertemuan (2 x 35 menit)

Model Pembelajaran

Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT)

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan

  1. Mengucapkan salam
  2. Guru mengajak siswa untuk berdoa agar pembelajaran yang akan dilaksanakan bisa berjalan dengan lancar dan dapat mencapai tujuan pembelajaran.
  3. Guru mengabsen siswa.
  4. Guru memberikan apersepsi, yaitu dengan menyanyikan lagu ”Lihat Kebunku”
Lihat Kebunku

Lihat kebunku penuh dengan bunga

Ada yang putih dan ada yang merah

Setiap hari kusiram semua

Mawar melati semuanya indah. . .

 

Kemudian guru mengajukan pertanyaan kepada siswa.

  • Apa yang diceritakan dalam lagu diatas? (Siswa akan menjawab kebun bunga atau bunga)
  • Ada bunga apa saja yang diceritakan dalam lagu tersebut? (Siswa akan menjawab bunga mawar dan bunga melati)
  • Guru berkata, hal yang diceritakan dalam lagu tersebut sama dengan apa yang akan siswa pelajari sekarang.

5. Guru menyampaikan cakupan materi yang akan dipelajari.

6. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

 

2. Kegiatan inti

            Eksplorasi

  1. Guru membuka wawasan siswa tentang materi yang akan diajarkan dengan mengajukan beberapa pertanyaan kepada siswa.
  • Siswa ditugaskan keluar kelas untuk mengobservasi bunga-bunga apa saja yang ada di lingkungan sekolahnya.
  • Guru bertanya tentang manfaat bunga bagi tumbuhan dan bagi manusia.

Atas jawaban siswa, guru kemudian memberikan penegasan agar siswa lebih mengerti.

2. Guru menugaskan siswa untuk membentuk kelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari 3-6 orang yang anggotanya bersifat heterogen, baik dari segi kemampuan intelektual maupun jenis kelamin. Guru kemudian memberikan nomor kepada setiap siswa dalam kelompok, sehingga masing-masing anggota memiliki nomor yang berbeda.

3. Guru menunjukkan media berupa gambar bunga kepada siswa kemudian dipajang/ditempel di papan tulis (gambar media terlampir). Siswa ditugaskan untuk mengamati gambar tersebut. Guru kemudian menjelaskan tentang bagian-bagian bunga sesuai dengan gambar tersebut.

4. Guru menugaskan siswa untuk mencari informasi di buku tentang fungsi bagian-bagian bunga. Berdasarkan jawaban yang diberikan siswa, guru memberikan penegasan agar siswa lebih mengerti.

5. Jika siswa sudah mengerti tentang bagian-bagian bunga beserta fungsinya, guru mengajukan pertanyaaan kepada siswa.

  • Apakah semua bunga memiliki bagian-bagian yang sama?
  • Guru menjelaskan bahwa berdasarkan bagian-bagian yang dimiliki, bunga dapat dikelompokkan ke dalam bunga sempurna dan bunga tidak sempurna.

   Elaborasi

  1. Untuk menjawab pertanyaan yang diberikan guru tadi, siswa ditugaskan untuk bekerja (berpikir bersama) dalam kelompoknya masing-masing. Masing-masing kelompok kemudian ditugaskan untuk mengamati beberapa jenis bunga dari yang diberikan guru agar diketahui bagian-bagian yang dimiliki. Dari kegiatan ini, siswa dapat mengelompokkan bunga sempurna dan bunga tidak sempurna.
  2. Guru memberikan Lembar Kerja Siswa (terlampir) yang berisi petunjuk tentang tugas tersebut.
  3. Siswa mengerjakan tugas di masing-masing kelompoknya, sementara guru membimbing dan memfasilitasi siswa dalam menyelesaikan tugas tersebut.
  4. Setelah semua kelompok selesai mengerjakan tugasnya, guru kemudian menyebut/memanggil satu nomor.
  5. Para siswa dari tiap kelompok dengan nomor yang sama, maju ke depan kelas. Di depan kelas siswa bertukar jawaban dan membacakan hasil diskusi yang di dapat setelah bertukar jawaban.

Konfirmasi

  1. Berdasarkan jawaban-jawaban yang diberikan oleh siswa, guru kemudian menyimpulkan jawaban-jawaban tersebut atau memberikan penegasan dengan lebih formal agar tidak terjadi mis-konsepsi.
  2. Guru memberikan motivasi kepada semua siswa untuk ikut berpartisipasi secara aktif dalam pembelajaran karena hal itu sangat terkait dengan hasil belajar siswa.
  3. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami terkait dengan materi

Penutup (10 menit)

  1. Siswa dengan bimbingan guru merangkum materi pelajaran.
  2. Guru memberikan evaluasi dan tindak lanjut (PR). Siswa diminta lebih memantapkan lagi pokok bahasan bunga di rumah.

Penilaian

Penilaian Ranah Kognitif

  1. Teknik Penilaian : tes tertulis
  2. Bentuk Instrumen : pilihan ganda
  3. Contoh Instrumen : (terlampir)

Penilaian Ranah Afektif

Aspek-aspek yang dinilai meliputi kerajianan, kedisiplinan, kejujuran dan keterbukaan (rubrik terlampir).

Penilaian Ranah Psikomotor

Aspek-aspek yang dinilai meliputi bertanya, mengemukakan pendapat, menghargai pendapat orang lain dan kerja sama (rubrik terlampir)

Sumber, Media dan Alat Belajar

Sumber Belajar :

  1. Buku Sains Kelas IV.
  2. Buku penunjang.

Media Belajar

  1. Gambar bunga dan bagian-bagiannya(terlampir).
  2. Berbagai jenis bunga.
  3. Alat Belajar :
  4. LKS (terlampir).

 

 

Mengetahui:                                           Nusa Penida

Kepala Sekolah                                      Guru Kelas

 

………………………                                    …………………………..

Advertisements

About YANDAR YDL

https://yandarydl.wordpress.com Seorang blogger yang suka menulis, belajar, dan berbagi tentang pendidikan dan tutorial design grafis.

Posted on March 19, 2016, in RPP Model Pembelajaran and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Ada pertanyaan atau komentar?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: