RPP Matematika dengan Model Pembelajaran Polya

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

  Satuan Pendidikan        : SDN 6 Sakti

  Mata Pelajaran               : Matematika

  Kelas/Semester              : V/2

  Alokasi Waktu              : 1 X pertemuan (2 X 35 menit)

Standar Kompetensi   : Memahami sifat-sifat bangun dan hubungan antar bangun.

Kompetensi Dasar       : Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar.

Indikator                     :

  • Menggambarkan bangun datar (segi tiga, persegi, dan persegi panjang berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki)
  • Menemukan sifat-sifat bangun datar (segi tiga, persegi, dan persegi panjang sifat-sifat yang dimiliki)

Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat menggambarkan bangun datar (segi tiga, persegi, dan persegi panjang berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki) dengan mendemonstrasikannya di depan kelas.

Materi Ajar

  1. Cara menggambar segi tiga

Gambarlah 3 buah garis yang ujung-ujungnya saling bertemu. Panjang garis yang dibuat sesuai dengan bentuk segi tiga yang di kehendaki

  • Jika ingin menggambar segi tiga sama sisi, ketiga garis harus sama panjang atau masing-masing sudut besarnya 600
  • Jika ingin menggambar segi tiga sama kaki, dua dari ketiga garis harus sama panjang
  • Jika ingin menggambar segi tiga siku-siku, dua dari ketiga garis harus membentuk sudut 900
  • Jika tidak menginginkan salah satu dari ketiga syarat diatas maka akan terbentuk segi tiga sembarang

 

Segi tiga                     Segi tiga               Segi tiga                 Segi tiga

sama sisi                   sama kaki               siku-siku               sembarang

  1. Cara menggambar persegi

Gambarlah sebuah garis ι. Selanjutnya, tetap melalui ujung dan pangkal garis tersebut, gambarlah 2 buah garis (keduanya sejajr) yang tegak lurus garis ι. Kedua garis tersebut berukuran sama panjang dengan garis ι. Kemudian hubungkan kedua ujung-ujung garis tersebut.

 

  1. Cara menggambar persegi panjang

Gambarlah sebuah garis ι. Selanjutnya, tetap melalui ujung dan pangkal garis tersebut, gambarlah 2 buah garis (keduanya sejajr) yang tegak lurus garis ι. Kedua garis tersebut berukuran sama panjang tetapi tidak sama panjang dengan garis ι. Kemudian hubungkan ujung-ujung kedua garis tersebut.

 


  • Model dan Metode Pembelajaran

Model pembelajaran       : Model pembelajaran Polya dengan pendekatan kontekstual.

Metode                           : Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan informasi.

  1. Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Awal (15 menit)

  • Pada keguatan ini, guru mengawali dengan menyampaikan salam, mengabsensi siswa, menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa.
  • Selanjutnya, mengajukan sejumlah pertanyaan awal untuk mengetahui pengetahuan awal yang dimiliki siswa, misalnya: 1. Apakah kalian pernah menggambar segi tiga, persegi, ataupun persegi panjang? 2. apa yang kalian ketahui tentang segi tiga, persegi, ataupun persegi panjang yang kalian gambar?
  • Siswa menanggapi pertanyaan yang diajukan guru berdasarkan ide/gagasan awal yang dimiliki.
  • Guru menampilkan atau bentuk-bentuk bangun datar (segi tiga, persegi, persegi panjang)
  • Guru menuliskan topik pembelajaran di papan tulis.

 

Kegiatan Inti (40 Menit)

Eksplorasi

  • Guru menyajikan informasi kepada siswa dengan menampilkan gambar-gambar yang berkaitan dengan sifat-sifat bangun datar di papan tulis.
  • Guru memberikan soal-soal atau masalah kepada siswa.
  • Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok heterogen yang terdiri dari 4-5 orang.
  • Guru memfasilitasi siswa dengan LKS.

 

Elaborasi

  • Siswa mendiskusikan permasalahan dan merumuskan pemecahan masalah sesuai dengan arahan guru.
  • Guru memantau jalannya diskusi dengan mendekati masing-masing kelompok dan menanyakan permasalahan yang ditemui selama mengerjakan soal dalam LKS serta menyediakan kata-kata kunci untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.
  • Siswa mendiskusikan masalah dalam LKS bersama kelompoknya.
  • Siswa membuat laporan hasil diskusi kelompoknya.
  • Guru memberikan kesempatan kepada masing-masing kelompok untuk mempersentasikan hasil diskusinya.

 

Konfirmasi

  • Guru memberikan arahan kepada siswa apabila terjadi penyimpangan dalam penguasaan materi dan membangkitkan motivasi belajar siswa.
  • Guru bersama siswa menyimpulkan materi pembelajaran.

.

Kegiatan Akhir (15 Menit)

  • Guru mengevaluasi hasil belajar siswa tentang materi yang sudah diajarkan dengan memberikan kuis mengenai bangun datar (segi tiga, persegi, dan segi empat).
  • Memberikan penghargaan kepada masing-masing kelompok serta kepada siswa yang sudah menunjukan sikap positifnya selama pembelajaran berlangsung.
  • Guru selanjutnya memberikan tindak lanjut brupa PR (tugas rumah) kepada masing-masing siswa.
  • Guru selanjutnya menyampaikan kepada siswa tentang materi pembelajaran yang akan di bahas pada pertemuan berikutnya.
  • Guru mengakhiri kegiatan belajar-mengajar dengan salam.

 

  1. Alat/Bahan/Sumber Belajar
    1. Buku siswa/buku paket matematika kelas V.
    2. Buku referensi.
    3. Gambar/benda-benda (disesuaikan).
    4. LKS (lembar kerja siswa).

 

  1. Penilaian Hasil Belajar

Penilaian dilakukan dengan cara melakukan observasi (pengamatan) dan tes.

  1. Jenis : Non tes dan tes
  2. Bentuk : Observasi dan uraian
  3. Instrumen : Terlampir
  4. Kriteria penilaian : Terlampi

 

Mengetahui                                                         Nusa Penida

Kepala Sekolah                                                    Guru Kelas

Advertisements

About YANDAR YDL

https://yandarydl.wordpress.com Seorang blogger yang suka menulis, belajar, dan berbagi tentang pendidikan dan tutorial design grafis.

Posted on March 19, 2016, in RPP Model Pembelajaran and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Ada pertanyaan atau komentar?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: