RPP SD Kelas 4 tema indahnya kebersamaan Sub Tema 1 Pemb 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 SatuanPendidikan    : SDN 6 Sakti

Kelas / Semester        : 4 /1

Tema 1                       : Indahnya Kebersamaan

Sub Tema 1               : Keberagaman Budaya Bangsaku

Pembelajaranke        : 2

Alokasiwaktu            : 1 Hari ( 5 x 35 memit)

 KOMPETENSI INTI (KI)

  1. Menerima, menghargai dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya.
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

 

KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

 Bahasa Indonesia

Kompetensi Dasar

3.1 Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.

4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.

 

Indikator

  • Menjelaskan persamaan antara dua rumah adat yang disajikan.
  • Menjelaskan perbedaan antara dua rumah adat yang disajikan.

 

SBdP

Kompetensi Dasar

3.4    Mengenal tari-tari daerah dan keunikan gerakannya.

4.1 Memperagakan makna gerak ke dalam bentuk tari bertema dengan mengacu pada gaya tari.

 

Indikator

  • Menjelaskan (asal, keunikan gerakan) salah satu tarian adat (tari Kipas).

 

Maematika

Kompetensi Dasar

3.6     Mengenal sudut siku-siku melalui pengamatan dan membandingkannya dengan sudut yang berbeda.

3.7   Merepresentasikan sudut lancip dan sudut tumpul dalam bangun datar.

 

Indikator

  • Membedakan jenis sudut lancip, tumpul, dan siku-siku.
  • Mengukur besar sudut dengan menggunakan busur.
  • Mendeskripsikan bentuk-bentuk sudut.


TUJUAN PEMBELAJARAN

  1. Setelah membaca teks dan mengamati gambar, siswa mampu menjelaskan perbedaan antara dua rumah adat dengan benar.
  2. Setelah membaca teks dan mengamati gambar, siswa mampu menjelaskan persamaan antara dua rumah adat dengan benar.
  3. Setelah bereksplorasi, siswa mampu membedakan jenis sudut lancip, tumpul, dan siku-siku dengan benar.
  4. Setelah bereksplorasi, siswa mampu mengukur besar sudut dengan menggunakan busur dengan benar.
  5. Setelah membaca teks dan berdiskusi, siswa mampu menjelaskan (asal, keunikan gerakan) salah satu tarian adat (tari Kipas) dengan benar.

 

MATERI PEMBELAJARAN

Rumah Adat, Jenis-jenis sudut, mengukur sudut, Tari Kipas

 

PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN

Pendekatan          : Scientific

Strategi                 : Cooperative Learning

Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, dan Ceramah

 

MEDIA, ALAT, DAN SUMBER BELAJAR

  1. Media dan Alat :
  • Gambar Rumah Adat, Jenis-jenis sudut, dan Tari kipas
  • Penggaris Busur

 

  1. Sumber Belajar :
  • Buku Siswa Tema 1 “Indahnya Kebersamaan”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

 

  1. Buku Guru Tema 1 “Indahnya Kebersamaan”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

 

  1. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi

Waktu

Pendahuluan 1.      Guru membuka pelajarab dengan menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka.

2.      Guru meminta salah seorang siswa untuk memimpin doa.

3.      Guru melakukan apersepsi sebagai awal komunikasi guru sebelum melaksanakan pembelajaran inti.

4.      Guru memberi motivasi kepada siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan.

5.      Siswa mendengarkan penjelasan dari guru kegiatan yang akan dilakukan hari dan apa tujuan yang akan dicapai dari kegiatan tersebut dengan bahasa yang sederhana dan dapat dipahami.

10 menit
 

Kegiatan Inti

 

 

 

 

 

 

 

 

1.      Siswa membaca teks tentang rumah adat dan mengamati bentuknya.

2.      Siswa mencari persamaan dan perbedaan dari dua rumah adat yang disediakan.

3.      Siswa menemukan sudut lancip, tumpul, dan siku-siku.

4.      Siswa menunjukkan jawabannya dengan cara melingkari sudut yang dimaksud dan memberinya nama.

5.      Siswa saling mengonfirmasi jawaban dengan pasangannya.

6.      Guru memberikan penguatan terhadap jawaban-jawaban siswa.

7.      Untuk melatih daya analisis dan kemampuan bernalar, guru memberikan pertanyaan tambahan:

·         Mengapa bentuk atap sebuah rumah memiliki besar sudut yang berbeda?

·         Apa pengaruhnya?

 

8.      Siswa memperhatikan benda, misalnya buku, meja,dan papan tulis yang ditunjukkan guru.

9.      Siswa menerka jenis sudut pada benda itu.

10.  Siswa memperhatikan guru menunjukkan cara menghitung besar sudt di depan kelas.

11.  Siswa mencari 5 benda yang ada di sekitar mereka dan mengisi tabel (buku siswa hal. )

12.  Siswa menerka jenis dan besar sudut benda yang dipilih.

13.  Siswa membuktikan jenis sudut pada setiap benda dengan cara mengukur besar setiap benda.

14.  Bersama teman kelompoknya, siswa menemukan gerakan-gerakan beserta jenis-jenis sudut yang dihasilkan.

150 menit
 
 
 
Penutup 1.      Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini dan menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain yang ingin mereka pelajari lebih lanjut.

2.      Siswa menjawab pertanyaan perenungan yang ada pada buku siswa.

3.      Siswa diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.

4.      Salam dan do’a penutup.

Pengayaan

·         Siswa mencari sudut siku-siku disekitarnya dan membuktikan dengan cara yang berbeda.

Remedial

·         Bagi siswa yang belum memiliki keterampilan menggunakan busur, guru dapat melatih mereka di luar jam pelajaran.

·         Siswa mengukur besar sudut dari soal-soal yang disiapkan oleh guru.

15 menit

 

PENILAIAN

Teknik Penilaian

  1. Penilain Sikap : Teknik Observasi
  2. Penilaian Pengetahuan : Tertulis
  3. Penilaian Keterampilan : Penilaian Kerja

 

Bentuk Instrumen Penilain

  1. Lembar Penilaian Sikap
No. Nama Siswa Perubahan Tingkah Laku
Cermat Teliti Tanggung Jwab
BT T M BT T M BT T M
1 2 3 1 2 3 1 2 3
1.                    
2.                    
3.                    
Keterangan:

BT : Belum Terlihat

T   : Terlihat

M : Menonjol

Berilah tanda centang (√) pada kolom yang sesuai.

 

 

  1. Lembar Penilaian Pengetahuan

Daftar periksa untuk peta pikiran (Bahasa Indonesia)

No Kriteria Keterangan
Sudah Belum
1. Peta pikiran memuat rumah adat    
2 Peta pikiran memuat bahasa    
3 Peta pikiran memuat makanan tradisional    
4 Peta pikiran memuat tarian tradisional    

 

Daftar periksa untuk sikap menunjukkan keberagaman (IPS PPKn)

No Kriteria Keterangan
Sudah Belum
1. Menuliskan 5 sikap menghargai keberagaman    
2 Menuliskan 5 sikap yang tidak menghargai keberagaman    

 

Daftar periksa untuk bernyanyi (SBdP)

No Kriteria Keterangan
Sudah Belum
1. Bernyanyi sesuai dengan intonasi yang benar    
2 Bernyanyi sesuai dengan tinggi rendah nada    

 

  1. Rubrik Penilaian Keterampilan (Diskusi)
Kriteria Keterampilan
Bagus Cukup Berlatih Lagi
Mendengarkan Selalu mendengarkan

teman yang sedang

berbicara.

Mendengarkan teman

yang berbicara namun

sesekali masih perlu

diingatkan.

 

Masih perlu

diingatkan untuk

mendengarkan

teman yang sedang

berbicara.

Komunikasi

nonverbal (kontak

mata, bahasa

tubuh, postur,

ekspresi wajah,

suara)

Merespons dan

menerapkan komunikasi

nonverbal dengan tepat

Merespons dengan tepat

terhadap komunikasi

nonverbal yang

ditunjukkan teman.

Membutuhkan

bantuan dalam

memahami bentuk

komunikasi nonverbal

yang ditunjukkan

teman.

Partisipasi

(menyampaikan

ide, perasaan,

pikiran)

Isi pembicaraan

menginspirasi teman.

Selalu mendukung dan

memimpin lainnya saat

diskusi.

Berbicara dan

menerangkan secara

rinci, Merespons sesuai

dengan topik.

Jarang berbicara

selama proses diskusi

berlangsung.

Keruntutan

berbicara

Menyampaikan

pendapatnya secara

runtut dari awal hingga

akhir.

Menyampaikan

pendapatnya secara

runtut, tetapi belum

konsisten.

Masih perlu berlatih

untuk berbicara

secara runtut.

 

Catatan : Centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria.

 

 

 

 

Mengetahui:                                                                            Sebunibus,

Kepala SDN 6 Sakti                                                               Guru Kelas IV,

 

 

……………………………..                                                            I Wayan Darmaya, S.Pd.

Advertisements

About YANDAR YDL

https://yandarydl.wordpress.com Seorang blogger yang suka menulis, belajar, dan berbagi tentang pendidikan dan tutorial design grafis.

Posted on March 19, 2016, in RPP Tematik Kurikulum 2013 and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Ada pertanyaan atau komentar?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: