RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Tema Pahlawanku Revisi 2016

RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Tema Pahlawanku Revisi 2016

Rpp ini saya buat berdasarkan Permendikbud no 22 Tahun 2016

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan      : SDN 6 Sakti

Tema/Subtema/PB      : Pahlawanku/Perjuangan Para Pahlawan/1

Kelas/Semester            : IV/1

Materi Pokok              : Raja-Raja Nusantara dan Sifat-sifat Cahaya

Alokasi Waktu            : 5 x 35 Menit

A. Tujuan Pembelajaran

  1. Setelah membaca teks tentang Raja Purnawarman, siswa mampu menjawab pertanyaan dengan benar.
  2. Setelah menjawab pertanyaan berdasarkan teks, siswa mampu menceritakan kembali isi cerita dengan menggunakan bahasanya sendiri secara rinci.
  3. Setelah mengamati gambar, siswa mampu mengidentifikasi peninggalan kerajaan di masa Hindu, Budha dan Islam serta pengaruhnya bagi wilayah setempat dengan benar.
  4. Setelah berdiskusi, siswa mampu mengomunikasikan peninggalan kerajaan di masa Hindu, Budha dan Islam dan pengaruhnya di wilayah setempat dengan menggunakan peta pikiran.
  5. Setelah melakukan percobaan tentang cahaya , siswa mampu menyimpulkan sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan penglihatan dengan benar.
  6. Setelah melakukan percobaan tentang cahaya, siswa mampu menulis laporan tentang sifat cahaya dan hubungannya dengan penglihatan dengan rinci dan benar.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator

IPS

  • Mengidentifikasi kerajaan Hindu, Buddha dan Islam serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa kini di lingkungan daerah setempat.
  • Menyajikan hasil identifikasi kerajaan Hindu, Buddha dan Islam serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa kini di lingkungan daerah setempat.

Indikator

  • Menyebutkan peninggalan kerajaan masa Hindu,Buddha dan Islam pada masa kini dan pengaruhnya bagi mastarakat di wilayah setempat.
  • Membuat laporan peninggalan kerajaan masa Hindu,Buddha dan Islam pada masa kini dan pengaruhnya bagi masyarakat di wilayah setempat dalam bentuk peta pikiran.

 

BAHASA INDONESIA

  • Mengagali pengetahuan baru yang didapat dari teks non-fiksi.
  • Menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri.

Indikator

  • Menyampaikan jawaban dari pertanyaan yang diajukan berdasarkan teks.
  • Menceritakan kembali isi teks berdasarkan jawaban yang ada.

 

IPA

  • Memahami sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera penglihatan
  • Menyajikan laporan hasil pengamatan dan/ atau percobaan yang memanfaatkan sifat-sifat cahaya

Indikator

  • Mengidentifikasi sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera penglihatan dalam kehidupan sehari-hari.
  • Melaporkan hasil percobaan yang memanfaatkan sifat-sifat cahaya dalam bentuk tulisan.

C. Materi Pembelajaran

  • Raja-Raja Nusantara

Raja Purnawarman mulai memerintah Kerajaan Tarumanegara pada tahun 395 M. Pada masa pemerintahannya, ia selalu berjuang untuk rakyatnya. Ia membangun saluran air dan memberantas perompak. (Halaman 7 s/d 9)

  • Sifat-Sifat Cahaya

Sifat-sifat Cahaya yaitu Cahaya merambat lurus, Cahaya Menembus benda bening, Cahaya dapat dipantulkan, Cahaya dapat dibiaskan.

D. Metode Pembelajaran

  • Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi Kelompok, Penugasan
  • Penemuan Terbimbing

E. Media Pembelajaran

  • Gambar Raja-raja Nusantara
  • Percobaan IPA ( Karton, Lilin, Senter, gelas, cermin datar, pensil)

F. Sumber Belajar

  • Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 “ Tema 5 Pahlawanku
  • Buku Guru Tematik Terpadu Kurikulum 2013 “ Tema 5 Pahlawanku

G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi Waktu
Pendahuluan  

·         Guru mengawali pembelajaran dengan mengucapkan salam.

·         Guru meminta salah seorang siswa untuk memimpin doa.

·         Guru menunjuk siswa membacakan tema yang akan dipelajari.

·         Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.

·         Guru menempel gambar “anak menlong nenek menyebrang jalan’,

·         dan menayakan pada siswa: Sikap apa yang ditunjukkan anak tersebut?

 

15 menit
Kegiatan Inti ·         Guru meminta kepada siswa untuk duduk sesuai anggota kelompoknya.

·         Siswa diminta untuk mengamati gambar yang ada pada buku pelajaran dengan waktu sekitar tiga menit.

·         Setiap siswa kemudian menjawab pertanyaan yang ada dan mendiskusikan jawabannya di kelompok masing-masing.

·         Guru membimbing diskusi, berjalan berkeliling dari kelompok satu ke kelompok lain untuk memastikan bahwa setiap anggota berpartisipasi aktif

·         Guru mengajak satu atau dua siswa untuk menyampaikan hasil diskusinya, lalu memberi penguatan kepada seluruh siswa mengenai jawaban yang diharapkan.

·         Guru melanjutkan kegiatan dengan meminta siswa membaca teks tentang Raja Purnawarman.

·         Setiap siswa diminta untuk menjawab pertanyaan dan secara klasikal guru membahas jawabannya.

·         Siswa kemudian memperbaiki jawabannya apabila perlu.

·         Guru meminta siswa untuk memberikan beberapa contoh sikap kepahlawanan dari Raja-Raja tersebut yang terlihat di sekitar mereka.

·         Siswa menuliskan nilai-nilai perjuangan atau peninggalan lainnya dari para raja yang mempengaruhi masyarakat atau daerah di mana mereka tinggal.

 

Kegiatan berikutnya adalah percobaan

·         Guru sebaiknya mempersiapkan perlengkapan percobaan sebelum kelas dimulai. Perlengkapan dikelompokkan berdasarkan kelompok.

·         Guru meminta satu perwakilan untuk mengambil perlengkapan percobaan.

·         Siswa dan guru membuat kesepakatan tentang percobaan agar kegiatan bisa berjalan dengan baik.

·         Kelompok melakukan percobaan sesuai dengan prosedur yang ada pada LKS.

·         Setiap siswa mencatat hasil percobaan pada tabel yang telah disiapkan.

·         Siswa menyampaikan hasil laporannya di kelompok masing-masing dan perwakilan bisa menyampaikannya di depan kelas.

·         Guru menambah informasi yang dibutuhkan sebagai penguatan.

 

150 menit
Penutup  

·         Guru mengulas kembali kembali kegiatan yang sudah dilakukan dan meminta siswa melakukan refleksi dari kegiatan yang baru saja mereka lakukan dengan menjawab pertanyaa?

Ø  Apa saja yang kamu pelajari hari ini?

Ø  Sikap kepahlawanan apa yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari?

·         Guru memberi penguatan dan kesimpulan tentang pembelajaran hari ini.

·         Salam dan do’a penutup.

 

 

15 menit

H. Penilaian Pembelajaran

  • Pengetahuan : Tes Tulis (Terlampir)
  • Keterampilan : Kinerja (Terlampir)

 

Rubrik Penilaian

  1. IPS : Diskusi tentang nilai-nilai kepahlawanan Raja Purnawarman.
Kriteria Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Mendengarkan

 

Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara. Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara namun tidak mengindahkan
Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara) Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat. Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.
Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran) Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik. Berbicara dan menerangkan secara rinci,namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik. Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung.

 

  1. Bahasa Indonesia : Tulisan Siswa dinilai dengan menggunakan rubrik
Kriteria Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Topik cerita Topik cerita

disampaikan dengan benar

 

Topik cerita

disampaikan mendekati benar

Topik cerita

disampaikan namun kurang benar

Topik cerita tidak

disampaikan

Alur cerita Alur cerita

disampaikan dengan lengkap dan runtut.

Alur cerita

disampaikan dengan lengkap namun tidak runtut.

Sebagian besar

alur cerita disampaikan dengan runtut.

Sebagian kecil

alur cerita disampaikan dan tidak runtut.

Ejaan Seluruh tulisan memiliki ejaan yang benar Sebagian besar tulisan memiliki ejaan yang

benar

Sebagian kecil tulisan memiliki ejaan yang

benar

Tulisan tidak menggunakan ejaan yang

benar

Fakta pendukung Fakta pendukung

yang disampaikan seluruhnya sesuai dengan isi cerita

Fakta

pendukung yang disampaikan sebagian besar sesuai denga nisi cerita

Fakta

pendukung yang disampaikan sebagian kecil sesuai denga nisi cerita

Fakta yang

disampaikan tidak sesuai cerit

 

  1. IPA : Laporan dinilai dengan Rubrik
Kriteria Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Penerapan

Konsep

Memperlihatkan

pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti pendukung dan menyampaikan pemahaman inti dari konsep yang sedang dipelajari dengan benar

Memperlihatkan

pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti pendukung namun perlu bantuan saat menyampaikan pemahaman inti dari konsep yang yang sedang dipelajari .

Memperlihatkan

pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti yang terbatas dan penyampaian pemahaman inti dari konsep tidak jelas.

Perlu

bimbingan saat menyampaikan bukti dan pemahaman inti dari konsep yang dipelajari.

Komunikasi Hasil percobaan

disampaikan dengan jelas serta objektif dengan didukung data penunjang

Hasil percobaan

disampaikan dengan jelas dan didukung sebagian data penunjang

Hasil percobaan

disampaikan dengan jelas namun hanya didukung sebagian kecil data penunjang.

Hasil

percobaan disampaikan dengan kurang jelas dan tanpa data penunjang

Prosedur dan

strategi

Seluruh data

dicatat, langkah kegiatan dilakukan secara sistematis dan strategi yang digunakan membuat percobaan

berhasil.

Seluruh data

dicatat, langkah kegiatan dilakukan secara sistematis dan namun masih membutuhkan bimbingan dalam menemukan

strategi agar percobaan berhasi

Sebagian besar

data dicatat, langkah kegiatan dan strategi dilakukan secara sistematis setelah mendapat

bantuan guru

Sebagian kecil

data dicatat, langkah kegiatan tidak sistematis dan strategi yang dipilih tidak tepat

Kesimpulan Seluruh

kesimpulan percobaan disampaikan dengan memuat data penunjang dan tepat.

Kesimpulan

percobaan disampaikan dengan memuat data penunjang dan tepat.

Kesimpulan

percobaan disampaikan dengan memuat data

Kesimpulan

percobaan disampaikan dengan memuat data namun kurang tepat.

 

Refleksi Guru

 

 

 

Mengetahui:                                                           Nusa Penida, 15 Nopember 2016

Kepala SD Negeri 6 Sakti,                                   Guru Kelas IV,

 

 

I Nyoman Jasna, S.Pd.                                        I Wayan Darmaya, S.Pd.

NIP 19671119 199007 1 001                               NIP –

Advertisements

About YANDAR YDL

https://yandarydl.wordpress.com Seorang blogger yang suka menulis, belajar, dan berbagi tentang pendidikan dan tutorial design grafis.

Posted on November 13, 2016, in Kurikulum 2013, RPP Kurikulum 2013 and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Ada pertanyaan atau komentar?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: