RPP Kelas 3 Tema 4 Kewajiban dan Hakku Subtema 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan      :     SDN 6 SAKTI

Kelas / Semester          :     III (Tiga) / 1

Tema 4                            :     Kewajiban dan Hakku

Sub Tema 1                   :     Kewajiban dan Hakku di Rumah

Pembelajaran                :     1

Alokasi Waktu               :     1 Hari

 

 

  1. KOMPETENSI INTI (KI)

KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.

KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.

KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

 

  1. KOMPETENSI DASAR (KD)

Bahasa Indonesia

NO KOMPETENSI DASAR (KD) INDIKATOR
1 3.10 Mencermati ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dalam teks tulis. 3.10.1 Menunjukkan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana)
2 4.10 Memeragakan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif yang dibuat sendiri 4.10.1Menuliskan saran tentang kewajiban yang seharusnya dilakukan

MATEMATIKA

NO KOMPETENSI DASAR (KD) INDIKATOR
1 3.3 Menyatakan suatu bilangan sebagai jumlah, selisih, hasil kali, atau hasil bagi dua bilangan cacah 3.3.1Menentukan dua bilangan yang jumlahnya sudah diketahui
2 4.3 Menilai apakah suatu bilangan dapat dinyatakan sebagai jumlah, selisih, hasil kali, atau hasil bagi dua bilangan cacah 4.3.1Membuat permasalahan berkaitan dengan penjumlahan dua  ilangan cacah dengan hasil  ang ditentukan sendiri

 

SBdP

NO KOMPETENSI DASAR (KD) INDIKATOR
1 3.2 Mengetahui bentuk dan variasi pola irama dalam lagu 3.2.1  Mengidentifikasi bentuk pola irama sederhana dalam lagu
2 4.2 Menampilkan bentuk dan variasi irama melalui lagu 4.2.1Memeragakan pola irama  sederhana dalam lagu dengan tepukan

 

  1. C. TUJUAN PEMBELAJARAN
  2. Dengan membaca teks, siswa dapat menunjukkan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dengan tepat.
  3. Dengan mengamati teks tulis tentang hak, siswa dapat menuliskan saran tentang kewajiban yang seharusnya dilakukan dengan tepat.
  4. Dengan mengamati cerita, siswa dapat menentukan dua bilangan yang jumlahnya sudah diketahui dengan benar.
  5. Dengan mencontoh cerita yang ada, siswa dapat membuat permasalahan berkaitan dengan penjumlahan dua bilangan cacah dengan hasil yang ditentukan sendiri dengan tepat.
  6. Dengan mengamati guru bernyanyi, siswa dapat mengidentifikasi bentuk pola irama sederhana dalam lagu dengan tepat.
  7. Setelah mengidentifikasi pola irama sederhana, siswa dapat memeragakan pola irama sederhana dalam lagu dengan tepukan dengan percaya diri.
  8. Dengan menyimpulkan apa yang telah mereka pelajari hari ini, siswa dapat bersyukur dan memiliki pemahaman akan karunia Tuhan yang telah menganugerahi orang tua yang memiliki sikap sayang, peduli, dan bertanggung jawab.

 

 

 

 

 

v   Karakter siswa yang diharapkan   : Religius

Nasionalis

Mandiri

Gotong Royong

Integritas

 

  1. D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi Waktu
Pendahuluan ¡  Guru membuka pembelajaran dengan berdoa bersama yang dipimpin salah satu siswa. Religius

¡  Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Indonesia Pusaka”. Nasionalis

¡  Guru memberi kesempatan kepada siswa menyampaikan apa yang telah mereka pelajari sebelumnya.

¡  Siswa mengamati gambar yang terdapat pada halaman pembuka subtema.

¡  Minta mereka memberikan pendapat mengenai gambar tersebut dengan cara bertanya jawab dengan teman di sebelahnya.

¡  Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi

¡  Minta siswa menyampaikan pendapat teman di sebelahnya dari hasil tanya jawab. Communication

¡  Siswa membaca teks pada halaman pembuka subtema dengan nyaring dan menyimpulkan apa yang akan mereka pelajari minggu ini.

¡  Guru menyampaikan bahwa mereka akan membahas tentang kewajiban dan hak, memberi saran, penjumlahan, istirahat untuk kesehatan, dan menyanyi dengan pola irama sederhana dengan tepukan. Communication

10 menit
Inti §  Siswa mengamati gambar yang ada dan berlatih membuat pertanyaan terkait gambar. Mandiri

§  Arahkan dengan kata tanya apa, siapa, mengapa, bagaimana. Mengapa ayah dan ibu begitu perhatian kepada Siti? Bagaimana kira-kira perasaan Siti? Bagaimana jika orang tua Siti tidak perhatian kepadanya?

§  Mintalah siswa mengerjakannya bersama teman di sebelahnya. Collaboration

§  Pertanyaan yang dibuat dapat mereka salin di buku latihan. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih kemampuan siswa dalam bertanya dan menjawab pertanyaan.

§  Kegiatan dilanjutkan dengan memberi kesempatan kepada siswa untuk membaca teks.

§  Siswa berlatih membaca tanpa suara (membaca senyap). Siswa membaca sambil mengamati isi teks.

§  Siswa menyimak guru memberi contoh cara membaca teks yang baik. Beberapa siswa mendapat kesempatan membaca teks dengan baik. Siswa dibantu membaca dengan baik dan suara harus jelas terdengar semua temantemannya. Berilah motivasi kepada siswa yang bersuara pelan saat membaca. Selanjutnya siswa diminta berlatih membaca secara mandiri di saat luang. Critical Thinking and Problem Solving

§  Jika memungkinkan, beri siswa kesempatan untuk bertanya terkait teks dan siswa lain diberi kesempatan menjawab sebelum guru merespon.

§  Siswa kembali mengamati teks dan mencari kalimat yang berisi saran di dalam teks.

§  Siswa menggaris bawahi kalimat yang menyatakan saran yang ditemukannya pada teks. Beberapa siswa mendapat kesempatan membaca nyaring kalimat-kalimat saran yang ditemukannya pada teks. Siswa lain dapat membantu mengoreksi jika ada yang salah.

§  Siswa mengidentifikasi kata-kata yang biasa digunakan dalam kalimat saran seperti seharusnya dan sebaiknya.

§  Mintalah siswa bertanya jawab dengan teman di sebelahnya tentang pengalamannya berkaitan dengan kasih sayang orang tua di rumah. Gotong Royong

§  Beberapa siswa diberi kesempatan memberi contoh kewajiban dan hak berkaitan dengan kasih sayang berdasarkan pengalamannya di rumah. Kegiatan ini dilakukan sebagai pembuka untuk menyelesaikan latihan membuat kalimat saran.

§  Beberapa siswa diberi kesempatan menyampaikan contoh kewajiban dan hak terkait kasih sayang orang tua yang telah ia diskusikan bersama temannya. Gotong Royong

§  Siswa menuliskan saran yang harus dilakukan berkaitan dengan hak yang terdapat pada buku dengan menggunakan bahasa baku dan kalimat efektif.

§  Siswa membaca teks cerita tentang permasalahan berkaitan dengan matematika pada buku. Siswa diberi kesempatan mengamati dan bertanya jika ada hal yang tidak jelas. Guru menjelaskan hal yang tidak dipahami siswa tentang permasalahan tersebut.

§  Siswa berlatih menentukan dua bilangan cacah yang hasil jumlahnya sudah diketahui. Bantu siswa dengan contoh-contoh sederhana. Misalnya, jika jumlah hari belajar Siti 100, berapa kemungkinan banyaknya hari Siti belajar sendiri dan belajar ditemani orang tuanya? Siswa memberi contoh beberapa kemungkinan. Lalu siswa mengerjakan soal cerita pada buku.

§  Setelah memahami permasalahan, siswa mencoba menyelesaikan permasalahan penjumlahan yang ada pada buku. Siswa diminta bekerja dengan teliti dan mengecek kembali jika sudah selesai. Critical Thinking and Problem Solving

§  Setelah berhasil menyelesaikan permasalahan yang ada, siswa diminta  untuk membuat masalah sendiri dan mencarikan pemecahannya. Siswa mendapat kesempatan berkreasi dengan bilangan pilihannya sendiri dan menuliskannya pada buku.

§  Siswa mengenal lagu tentang membalas kasih sayang orang tua. Beri kesempatan kepada siswa untuk mengenal lirik lagu terlebih dahulu. Mintalah pendapat siswa tentang isi lagu. Isi lagu diharapkan mengajarkan mereka bagaimana bersyukur dan berterima kasih kepada orang tua atas kasih sayangnya.

§  Setelah siswa mengamati isi lagu, guru bertanya kepada siswa apakah ada yang sudah dapat menyanyikan lagu yang terdapat pada buku. Siswa yang sudah mengenal lagu menyanyikan lagu di depan kelas. Jika tidak ada siswa yang mengenal lagu, mintalah mereka menyanyikannya sesuai dengan kreasi mereka masing-masing. Mereka dapat mencobanya bersama teman di sebelahnya. Beberapa siswa mendapat kesempatan mencoba menyanyikan lagu tersebut sesuai dengan kreasinya. Setelah dua orang mencoba, guru memberi contoh bagaimana menyanyikan lagu itu dengan benar.

§  Setelah menyimak temannya atau guru menyanyikan lagu “Jika Ibuku Tua Nanti”, siswa berlatih menyanyikan lagu sesuai dengan pola iramanya dibimbing guru. Siswa menyanyikan lagu sambil bertepuk tangan sesuai dengan pola irama lagu.

§  Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dengan jumlah anggota sekitar 5-7 siswa. Beri siswa kesempatan berlatih menyanyikan lagu “Jika Ibuku Tua Nanti” sesuai dengan irama lagu. Minta mereka menyanyi dengan berbagai suara. Biarkan mereka menentukan sendiri. Misalnya, dengan suara lembut sambil menghayati isi lagu, dengan suara keras, dan dengan suara seperti berbisik. Minta mereka serius dan percaya diri sambil bertepuk tangan. Kemudian beri kesempatan setiap kelompok memberi pendapat cara menyanyi yang terbaik. Collaboration

§  Setelah semua kelompok memberikan pendapatnya, ajak mereka bernyanyi bersama-sama. Integritas

§  Siswa menceritakan perasaan dan pendapatnya setelah menyanyikan lagu.

150 menit
Penutup ¡  Kegiatan diakhiri dengan mengulas kembali kegiatan hari itu. Siswa memejamkan mata, membayangkan kembali apa yang telah mereka dapatkan hingga pelajaran akan ditutup. Masih memejamkan mata, siswa mengucapkan syukur kepada Tuhan atas karunianya hari ini. Berterima kasih atas orang tua yang penyayang, guru yang baik hati, dan teman-teman yang menyenangkan. Religius 15 menit

 

 

 

  1. E. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
  • Buku Pedoman Guru Tema : Kewajiban dan Hakku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
  • Buku Siswa Tema : Kewajiban dan Hakku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
  • Gambar keluarga yang akrab dan penuh kasih sayang, bisa dari guntingan koran atau majalah
  • Foto keluarga
  • Buku teks

 

 

 

 

Mengetahui

Kepala SDN 6 Sakti,

 

 

 

 

(I Nyoman Jasna, S.Pd)

NIP. 19671119 199007 1 001

Sebunibus, 22  Oktober 2018

Guru Kelas III,

 

 

 

 

(I Wayan Darmaya, S.Pd)

NIP.

Advertisements

Ada pertanyaan atau komentar?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s