RPP IPA Model Pembelajaran Generatif

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RRP)

 

Satuan Pendidikan    : Sekolah Dasar

Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Alam

Kelas / Semester        : IV / II

Pertemuan                 : 1 x pertemuan

Alokasi Waktu           : 2 x 35 menit

Standar Kompetensi : II. Memahami hubungan antara sumber daya alam dengan

lingkungan, teknologi dan masyarakat.

Kompetensi Dasar     : II.I Mendeskripsikan hubungan antara sumber daya alam dengan

lingkungan

Indikator                    :  –    Memaparkan pengertian sumber daya alam

  • Mengelompokan sumber daya alam berdasarkan manfaatnya, ketersediannya di alam dan menurut jenisnya.
  • Menyebutkan contoh-contoh sumber daya alam berdasarkan manfaatnya, ketersediaannya di alam dan menurut jenisnya.

Tujuan Pembelajaran           : –   Siswa dapat mendeskripsikan pengertian sumber daya

alam berdasarkan gambar.

  • Siswa dapat mengelompokan sumber daya alam berdasarkan manfaatnya, ketersediaannya di alam dan menurut jeninya berdasarkan gambar.
  • Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh sumber daya alam berdasarkan manfaatnya, ketersediaannya di alam dan menurut jenisnya berdasarkan gambar.

 

 

Materi Pembelajaran

Sumber daya alam merupakan segala sesuatu yang dapat diperoleh dari lingkungan berupa kumpulan beranekaragam mahluk hidup maupun tak hidup yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan hidup manusia. Sumber daya alam ada tiga macam yaitu :

  1. Berdasarkan manfaatnya, sumber daya alam terbagi menjadi :
  • Sumber daya alam penghasil energi seperti matahari
  • Sumber daya alam penghasil bahan baku seperti hutan
  • Sumber daya alam untuk kenyamanan seperti udara
  1. Berdasarkan ketersediannya di alam dapat dikelompokkan menjadi :
  2. Sumber daya alam yang kekal seperti sinar matahari
  3. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui seperti batubara
  4. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui seperti berbagai jenis tumbuhan dan hewan
  5. Berdasakan jenisnya, sumber daya alam ada dua macam yaitu :
  6. Sumber daya alam non hayati seperti udara, batubara dan logam
  7. Sumber daya alam hayati seperti tumbuhan dan hewan

 

Model dan Metode Pembelajaran

  1. Model Pembelajaran
  • Model Pembelajaran Generatif
  1. Metode Pembelajaran
  • Ceramah
  • Diskusi
  • Demonstrasi
  • Penugasan
  • Pemecahan masalah

 

Langkah-Langkah Pembelajaran

  1. Kegiatan Awal
  • Pada tahap ini, guru melakukan koordinasi kelas berupa member salam, berdoa, dan mengabsensi kehadiran siswa.
  • Memberikan apersepsi (fase eksplorasi) yaitu bertanya tentang :
  • Sebutkan apa saja yang bisa anak-anak temukan di lingkungan sekitar ?
  • Segala sesuatu yang bisa ditemukan atau diperoleh di lingkungan sekitar disebut dengan apa ?
  1. Kegiatan Inti
  • Fase pemusatan
  • Guru menjelaskan tentang sumber daya alam dan menanyakan beberapa hal sebagai berikut.
  • Sumber daya alam yang kekal, yang tidak dapat diperbaharui dan yang dapat diperbaharui
  • Mengapa hutan dikatakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui ?
  • Mengapa batubara dikatakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui?
  • Guru mengklarifikasi jawaban siswa yang masih miskonsep
  • Guru membimbing siswa dalam pembentukan kelompok dan membagikan LKS
  • Siswa mengerjakan LKS

 

  • Fase tantangan
  • Perwakilan tiap kelompok membacakan hasil diskusi kolompoknya ke depan kelas
  • Guru mendampingi siswa dalam mempresentasikan hasil diskusi
  • Guru menunjukan bukti-bukti empiris kepada siswa tentang masalah yang dibahas
  • Guru memperbaiki miskonsepsi siswa
  • Fase aplikasi

Guru memberikan masalah dari yang termudah ke sulit.

  • Seperti yang anak-anak ketahui, laut merupakan sumber daya alam penghasil bahan baku. Apa yang terjadi jika sumber daya alam yang ada di laut dirusak ?
  • Anak-anak sudah mengetahui bahwa minyak bumi sulit untuk didapatkan. Apa yang akan terjadi jika minyak bumi terus menerus digunakan ?

 

  1. Kegiatan Akhir
  • Guru memberikan kesempatan bertanya kepada siswa tentang hal yang belum dimengerti.
  • Guru bersama siswa membuat kesimpulan atau rangkuman hasil pembelajaran
  • Guru memberikan evaluasi berupa tes tertulis
  • Guru memberikan pekerjaan rumah (PR) kepada siswa yaitu mencari contoh sumber daya alam yang ada di lingkungan tempat tinggal siswa dan menggolongkannya, apakah termasuk sumber daya alam berdasarkan manfaat, ketersediannya di alam atau menurut jenisnya.

 

Sumber Belajar / Alat

  1. Sumber Belajar
  • Buku ilmu pengetahuan alam kelas IV, Heri Sulistyanto dan Edi Wiyono, Hal 173-174
  • LKS terlampir
  1. Media
  • Gambar-gambar sumber daya alam (terlampir)

 

Penilaian

  1. Penilaian hasil belajar
  • Teknik penilaian : Tes tertulis
  • Bentuk instrumen : Essay
  • Contoh instrumen : Soal-soal terlampir
  1. Penilaian proses (terlampir)

Teknik penilaian          : pengamatan

Bentuk instrumen        : lembar pengamatan

 

 

Mengetahui,                                                                          Nusa Penida, ….

Kepala SDN 6 Sakti                                                                         Guru Kelas

 

 

NIP.                                                                                                    NIP.

Advertisements

About YANDAR YDL

https://yandarydl.wordpress.com Seorang blogger yang suka menulis, belajar, dan berbagi tentang pendidikan dan tutorial design grafis.

Posted on March 4, 2016, in Model Pembelajaran, RPP Model Pembelajaran and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Ada pertanyaan atau komentar?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: