RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN 6 SAKTI
Kelas / Semester : III (Tiga) / 1
Tema 1 : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Sub Tema 1 : Ciri-Ciri Makhluk Hidup
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 Hari
KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.
KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
NO | KOMPETENSI DASAR (KD) | INDIKATOR |
1 | 3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
|
3.4.1 Menyebutkan minimal 4 ciri-ciri makhluk hidup.
|
2 | 4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif. | 4.4.1 Menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup.
|
Matematika
NO | KOMPETENSI DASAR (KD) | INDIKATOR |
1 | 3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.
|
3.1.1 Membilang secara urut bilangan 1.000 sampai dengan 10.000.
3.1.2 Membilang secara loncat bilangan 1.000 sampai dengan 10.000.
|
2 | 4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah. | 4.1.1 Membilang dan menuliskan bilangan 1.000 sampai 10.000 secara panjang (sepuluh ribuan, ribuan, ratusan, puluhan, dan satuan). |
SBdP
NO | KOMPETENSI DASAR (KD) | INDIKATOR |
1 | 3.2 Mengetahui bentuk dan variasi pola irama dalam lagu.
|
3.2.1 Mengidentifikasi bentuk pola irama sederhana.
|
2 | 4.2 Menampilkan bentuk dan variasi irama melalui lagu. | 4.2.1 Memeragakan pola irama sederhana.
4.2.2 Membuat pola irama sederhana.
|
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
- Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi bentuk pola irama sederhana dengan benar.
- Setelah mengamati, siswa dapat memeragakan pola irama sederhana dengan percaya diri.
- Setelah mengamati, siswa dapat membuat pola irama sederhana dengan benar.
- Setelah mengamati, siswa dapat memeragakan pola irama sederhana yang sudah dibuat dengan percaya diri.
- Setelah mengamati gambar, siswa dapat menyebutkan minimal 4 ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
- Setelah kegiatan membandingkan gambar, siswa dapat menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
- Setelah bermain mencari pasangan nama dan lambang bilangan, siswa dapat membilang secara urut bilangan 1.000 sampai dengan 10.000 dengan benar.
- Setelah bermain mencari pasangan nama dan lambang bilangan, siswa dapat membilang secara loncat bilangan 1.000 sampai dengan 10.000 dengan benar.
- Setelah mengamati contoh, siswa dapat membilang dan menuliskan bilangan 1.000 sampai 10.000 secara panjang (sepuluh ribuan, ribuan, ratusan, puluhan, dan satuan) dengan benar.
v Karakter siswa yang diharapkan : | Religius
Nasionalis Mandiri Gotong Royong Integritas |
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
|
10 menit |
Inti |
Gambar cicak: Cicak hidup di darat Cicak bergerak merayap di dinding Cicak makan nyamuk Cicak suka memutuskan ekornya Gambar ikan di aquarium » Ikan hidup di air. » Ikan bergerak berenang menggunakan sirip. » Dan lain-lain.
|
150 menit |
Penutup |
a. Apa saja yang sudah dipelajari pada hari ini? b. Bagaimana perasaan setelah mencoba membuat pola nyanyian menggunakan simbol bunyi panjang dan bunyi pendek? c. Apa kegiatan yang paling disukai? d. Informasi apa yang ingin diketahui lebih lanjut? e. Bagaimana cara siswa mendapatkan informasi tersebut?
|
15 menit |
E. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
- Buku Pedoman Guru Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
- Buku Siswa Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
- Kartu nama dan bilangan 1.000 sampai 10.000.
- Berbagai poster pertumbuhan manusia, hewan, dan tanaman.
- Berbagai aktivitas makhluk hidup.
- Teks lagu Cicak atau jika memungkinkan alat audio agar siswa dapat mendengarkan langsung.
- Buku teks siswa dan guru.
Mengetahui
Kepala SDN 6 Sakti,
(I Nyoman Jasna, S.Pd) NIP. – |
Sebunibus, 16 Juli 2018
Guru Kelas III,
(I Wayan Darmaya, S.Pd) NIP. – |
LAMPIRAN 1
F. MATERI PEMBELAJARAN
- Menyanyi lagu yang memiliki pola irama sederhana.
- Membaca pola irama sederhana pada lagu.
- Membaca dan menjawab pertanyaan sesuai teks tentang ciri-ciri makhluk hidup.
- Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.
- Menulis ciri-ciri makhluk hidup.
- Menulis nama dan lambang bilangan.
- Mengurutkan bilangan.
G. METODE PEMBELAJARAN
- Pendekatan : Saintifik
- Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
LAMPIRAN 2
Penilaian
- Penilaian Sikap
No | Nama | Perubanan tingkah laku | |||||||||||
Santun | Peduli | Tanggung Jawab | |||||||||||
K | C | B | SB | K | C | B | SB | K | C | B | SB | ||
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | ||
1 | ………………. | ||||||||||||
2 | ………………. | ||||||||||||
3 | …………….. | ||||||||||||
4 | …………….. | ||||||||||||
5 | …………….. | ||||||||||||
dst | …………….. |
Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4
- Pengetahuan: tes tertulis
Membuat pola irama menggunakan simbol bunyi panjang dan pendek.
Skor maksimal 100.
Skor setiap baris 25.
Nilai = Banyaknya pola/baris × 25
Jawaban dapat beragam sesuai imajinasi siswa.
Kunci jawaban/contoh pola
- Menyebutkan ciri-ciri makhluk hidup minimal 4.
Skor maksimal 100.
Nilai = (banyaknya jawaban benar : 4) × 100
Kunci jawaban.
Ciri-ciri makhluk hidup diantaranya:
- Membutuhkan makanan dan air
- Bernafas
- Berkembang biak
- Bergerak
- Peka terhadap rangsang
Membilang secara urut dan loncat serta mengurutkan bilangan 1.000 sampai dengan 10.000
Banyaknya soal 19.
Skor maksimal 100.
Nilai = (Banyaknya jawaban benar : 19) × 100
Jawaban bagian 1 membilang secara urut
- 000, 2.000, 3.000, 4.000, 5.000
- 500, 2.500, 3.500, 4.500
- 000, 4.000, 6.000, 8.000, 10.000
Jawaban bagian II urutan bilangan.
- 250, 2.250, 3.250, 4.250, 5.250
- 300, 2.300, 3.300, 4.300, 5.300
- 100, 2.250, 3.050, 4.200, 5.400
Membilang dan menulis lambang bilangan 1.000 sampai dengan 10.000
Banyaknya soal 8.
Nilai maksimal 100.
Nilai = (banyaknya jawaban benar : 8) × 100
- Penilaian Keterampilan
Keterampilan siswa dalam mengurutkan bilangan, menulis nama dan lambang dapat dilihat dari cara siswa/strategi menyelesaikan soal mengurutkan bilangan, menulis nama dan lambang bilangan.
- Rubrik Menulis Ciri-Ciri Makhluk Hidup Berdasarkan Gambar.
- Rubrik Kegiatan Bernyanyi
RPP kelas 3 tema 1 subtema 1 pembelajaran 5